Pilih Liga Super Eropa, UEFA: Kami Coret Real Madrid, Juventus dan Barcelona dari Liga Champions

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 26 April 2021 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 261 2400817 pilih-liga-super-eropa-uefa-kami-coret-real-madrid-juventus-dan-barcelona-dari-liga-champions-grFFuxduTs.jpg Real Madrid bisa dilarang UEFA tampil di Liga Champions 2021-2022. (Foto: REUTERS/Jon Nazca)

NYON – Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, tampaknya tidak main-main dengan ultimatum yang dikeluarkan dalam beberapa hari terakhir. Pria asal Slovenia itu kembali menegaskan akan mencoret Real Madrid, Juventus dan Barcelona dari Liga Champions 2021-2022 (musim depan) jika masih ngotot bertahan di Liga Super Eropa.

Sebanyak 12 klub awalnya mendeklarasikan diri akan tampil di Liga Super Eropa, kompetisi yang dipersiapkan sebagai pesaing Liga Champions. Klub-klub yang berstatus sebagai pendiri Liga Super Eropa itu adalah AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Real Madrid

(Real Madrid belum mundur dari Liga Super Eropa)

Namun, UEFA langsung bertindak. Ceferin mengatakan takkan ragu mencoret klub-klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa, dari seluruh kompetisi garapan UEFA. Alhasil, sebanyak sembilan klub mundur dari Liga Super Eropa dan kembali ke pelukan UEFA.

Singkat kata, hanya Juventus, Real Madrid dan Barcelona yang belum memutuskan mundur dari Liga Super Eropa. Alih-alih mundur, ketiga klub tersebut justru menunjukkan komitmen mereka untuk mematangkan proyek Liga Super Eropa.

UEFA paham tak bisa menghukum klub-klub di atas karena terkendala hak siar pada musim ini. Karena itu, UEFA bersiap melarang Real Madrid, Juventus dan Barcelona tampil di Liga Champions 2021-2022 jika masih ngotot bertahan di Liga Super Eropa.

BACA JUGA: Juventus Dicoret UEFA atau Memang Tidak Lolos ke Liga Champions 2021-2022?

“Klub-klub Liga Super (Barcelona, Real Madrid dan Juventus) akan dihulum dan bahkan bisa dilarang tampil di Liga Champions musim depan,” kata Ceferin, mengutip dari Daily Mail, Senin (26/4/2021).

Ceferin mengapresiasi betul keputusan sembilan klub yang mundur dari Liga Super Eropa, terutama klub-klub asal Inggris. Sebab, enam klub Inggris merupakan pionir alias penyebab runtuhnya Liga Super Eropa.

Aleksander Ceferin

(Presiden UEFA, Aleksander Ceferin (kanan)

“Klub-klub Inggris akan diperlakukan lebih lunak karena mereka menyadari kesalahan mereka dan memutuskan menarik diri. Mereka (6 klub Inggris) mundur lebih dulu dan mengakui bahwa mereka melakukan kesalahan,” lanjut Ceferin.

Jika Barcelona, Real Madrid dan Juventus kekeuh bertahan di Liga Super Eropa dan pada akhirnya dicoret dari Liga Champions 2021-2022, praktis sangat disayangkan. Sebab, ketiganya merupakan kekuatan utama Eropa.

Bahkan, Real Madrid tercatat sebagai klub tersukses di Liga Champions. Real Madrid telah mengoleksi 13 trofi Liga Champions, unggul enam gelar dari AC Milan di tempat kedua pengoleksi gelar terbanyak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini