Pique: Liga Super Eropa Tak Bagus untuk Sepakbola

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 51 2399159 pique-liga-super-eropa-tak-bagus-untuk-sepakbola-tOSGqOBifu.jpg Gerard Pique. (Foto: Instagram/@3gerardpique)

BARCELONA – Bek Barcelona, Gerard Pique, turut mengomentari rencana penyelenggaraan Liga Super Eropa. Punya pandangan yang kontra, Pique menyebut Liga Super Eropa buruk untuk sepakbola dalam jangka panjang.

Sebagaimana diketahui, dunia sepakbola Eropa tengah diramaikan dengan ide penyelenggaran Liga Super Eropa. Sebanyak 12 klub pun menyatakan diri sebagai pendiri sekaligus peserta permanen Liga Super Eropa yang rencananya digulirkan pada Agustus 2021.

Gerard Pique

Salah satu dari 12 klub itu adalah Barcelona. Selain itu, ada Juventus, Inter Milan, AC Milan, Arsenal, Manchester United, Liverpool, Manchester City, Chelsea, Tottenham Hotspur, Atletico Madrid, dan Real Madrid.

BACA JUGA: Sergio Aguero Gabung Barcelona, Bagaimana dengan Erling Haaland dan Lautaro Martinez?

Rencana pendirian Liga Super Eropa pun ditentang banyak pihak, termasuk UEFA. Pihak federasi sepakbola Eropa itu bahkan menyatakan siap memberi hukuman kepada klub serta pemain yang ambil bagian dalam Liga Super Eropa.

BACA JUGA: Usai Antar Barcelona Juara Copa del Rey, Koeman Fokus Buru Trofi Liga Spanyol

Setelah ramai disorot, satu per satu klub pun menyatakan mundur dari Liga Super Eropa. Total, sudah sembilan klub yang menyatakan mundur, yani Arsenal, Man United, Liverpool, Man City, Chelsea, Tottenham, Inter, Milan, dan Atletico.

Alhasil, kini hanya tersisa tiga klub yang masih bertahan di Liga Super Eropa, salah satunya Barcelona. Selain itu, ada Juventus dan Real Madrid.

Terkait penyelenggaraan Liga Super Eropa, Pique sendiri menyatakan sikap yang kontra. Dia menyataka bahwa penyelenggaraan Liga Super Eropa bisa  menghancurkan sistem di sepakbola. Pernyataan ini disampaikan setelah bek asal Spanyol itu sebelumnya mencuitkan pernyataan di Twitter bahwa sepakbola adalah milik dari penggemar.

“Ini adalah hal-hal yang saya tidak ingin terlibat di dalamnya. Itu adalah hal-hal yang harus segera diputuskan. Dari sudut pandang pemain, saya katakan itu bukan keputusan bagus untuk sepakbola dalam jangka panjang," ujar Pique, sebagaimana dikutip dari Barca Blaugranes, Kamis (22/4/2021).

Gerard Pique

"Dalam lima atau delapan tahun, Liga Super Eropa akan mengambil jatah liga domestik di akhir pekan. Anda menghancurkan sistemnya," lanjutnya.

"Sepakbola adalah milik fans. Baik hari ini dan lebih dari sebelumnya," cuit Pique terpisah di akun Twitter pribadinya, beberapa hari lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini