5 Pemilik Klub Sepakbola Terkaya di Dunia Saat Ini, Nomor 3 Penggagas Liga Super Eropa

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 51 2398286 5-pemilik-klub-sepakbola-terkaya-di-dunia-saat-ini-nomor-3-penggagas-liga-super-eropa-2f3FjWeG1K.jpg Pemilik Juventus, Andrea Agnelli. (Foto: Laman resmi Juventus)

SEPAKBOLA saat ini tengah dihebohkan dengan adanya Liga Super Eropa, sebuah proyek besar untuk membentuk suatu kompetisi baru yang berisikan tim-tim papan atas klub Dunia Biru tersebut. Liga Super Eropa pun dibentuk untuk membantu finansial klub yang saat ini sedang goyang akibat pandemi virus corona.

Padahal beberapa tim yang tergabung ke dalam Liga Super Eropa tersebut masih memiliki pemilik klub yang sangat tajir luar biasa. Dari 12 Klub Pendiri Liga Super Eropa, tepatnya ada tiga tim yang mempunyai bos yang masuk ke dalam lima pemilik terkaya saat ini.

Lantas siapa saja ketiga orang tersebut? Dan siapa dua pemilik kaya lainnya yang masuk ke dalam lima besar tersebut? Jawabannya akan kami jabarkan.

Berikut 5 Pemilik Klub Sepakbola Terkaya di Dunia Saat Ini, Mengutip dari Sportskeeda:

5. Roman Abramovich (Chelsea)

Roman Abramovich

Abramovich diketahui memiliki kekayaan mencapai 12,5 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau sekira Rp181 triliun. Ia sudah menjadi bos di Chelsea sejak 2003 dan perannya sangat penting dalam keberhasilan The Blues dalam beberapa musim terakhir.

Selama di bawah kepemilikan Abramovic, Chelsea telah memenangkan 16 trofi, termasuk lima gelar juara Liga Inggris dan satu Liga Champions. Meski dikenal sangat mudah memecat pelatih, namun Abramovic sangat baik jika memberikan dana untuk belanja klub tersebut.

4. Dietmar Hopp (Hoffenheim)

Dietmar Hopp

Nama klub Hoffenheim mungkin masih asing di telinga sebagian pencinta sepakbola, apalagi jika membahas pemiliknya. Tapi tahukah Anda bahwa pemilik klub asal Jerman itu sangat tajir melintir?

Adalah Hopp, sosok yang pemimpin klub yang nyatanya tak terlalu disukai oleh fans Liga Jerman atas apa yang dilakukannya kepada Hoffenheim yang dengan mudahnya naik karena faktor keuangan. Hopp diketahui sudah terlibat dalam keuangan Hoffenheim pada 1990 dan kini memiliki kekayaan sebesar 18,5 miliar dollar AS (Rp 269 triliun).

3. Andrea Agnelli (Juventus)

Andrea Agnelli

Agnelli masuk ke dalam daftar pemilik klub di dunia sepakbola saat ini. Meski begitu, nyata kekayaanya yang mencapai 19,1 miliar dollar AS (Rp277 triliun) itu tak bisa menyelematkan keuangan Juventus.

Sebab itulah pada akhirnya Agnelli bersama para pemimpin lain dari Spanyol, Inggris, dan Italia memutuskan membangun Liga Super Eropa, Namun, kini kompetisi tersebut tengah ditangguhkan lantaran enam klub Ingris yang menjadi 12 tim Pendiri Liga Super Eropa keluar dar proyek tersebut.

2. Dietrich Mateschitz (RB Leipzig/RB Salzburg)

Dietrich Mateschitz

Mateschitz memiliki kekayaan yang luar biasa, yakni 26,9 miliar dollar AS atau sekira Rp391 triliun. Mateschitz sendiri adalah billionair asal Austria yang sangat sukses. Sama seperti Hopp yang membuat Hoffenheim naik seketika karena faktor uang, Leizpig pun tak disukai oleh sebagian fans Bundesliga.

1 Sheikh Mansour (Manchester City)

Sheikh Mansour

Man City menjadi tim pertama yang keluar dari Liga Super Eropa. Sejak awal, bergabungnya Man City ke kompetisi baru itu tentu agak aneh karena tampaknya The Citizens tak terlalu berdampak terhadap masalah keuangan.

Sheikh Mansour kini memiliki kekayaan senilai 30 miliar dollar AS (Rp434 triliun). Ia mengakuisisi Man City pada 2008 silam dan mulai menggolontorkan dana yang amat besar untuk The Citizens.

Kini Man City sudah menjelma menjadi salah satu tim besar di Inggris, bahkan mungkin dunia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini