Mundur dari Man United, Ed Woodward Jadi Korban Pertama Runtuhnya Liga Super Eropa

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 51 2398229 mundur-dari-man-united-ed-woodward-jadi-korban-pertama-runtuhnya-liga-super-eropa-ZvzhyiJ1Kl.jpg Ed Woodward bakal lepaskan jabatannya di Man United pada akhir musim 2020-2021. (Foto: Bleacher Report)

MANCHESTER Manchester United mengabarkan mundurnya Wakil Ketua Eksekutif mereka, yakni Ed Woodward di tengah kisruh Liga Super Eropa pada Rabu (21/4/2021) dini hari WIB. Tak berapa lama, klub berjuluk The Red Devils –julukan Man United– itu pun mengumumkan keluarnya mereka dari 12 Klub Pendiri Liga Super Eropa.

Menurut laporan dari Daily Mail, mundurnya Woodward tak terlepas dari keterlibatannya dalam membawa Man United masuk ke dalam 12 Klub Pendiri Liga Super Eropa. Woodward disebut-sebut menjadi orang yang memiliki andil besar dalam terbentuknya kompetisi baru yang berisikan klub-klub top Eropa tersebut.

Woodward menjadi tokoh utama dalam rencana liga baru yang kontroversial tersebut lantaran menjadi penghubung antara pihak Liga Super Eropa dengan bank investasi di Amerika Serikat, yakni JP Morgan.

Baca Juga: PSG, Man City dan Chelsea Pasti Main di Semifinal Liga Champions 2020-2021, Real Madrid Dicoret?

Ed Woodward

JP Morgan menjadi pihak utama yang siap menyuntikkan dana besar untuk terselenggaranya Liga Super Eropa tersebut. Setidaknya JP Morgan dikatakan siap memberikan dana 4,3 miliar pounds atau Rp87 triliun.

Gara-gara keterlibatan Woodward itulah Man United menjadi tim yang awalnya sangat mendukung bergulirnya Liga Super Eropa. Namun, ternyata proyek ambisius itu mendapatkan tekanan yang luar biasa dari berbagai sisi.

Baik itu dari UEFA, FIFA, dan tiga federasi Spanyol, Italia, dan Inggris. Fans-fans sepakbola, termasuk pendukung Setan Merah dengan tegas menolak adanya Liga Super Eropa.

Dengan adanya desakkan itu, Man United pun pada akhirnya memutuskan untuk hengkang dari Liga Super Eropa. Keputusan itu lantas membuat Woodward menjadi korban pertama dalam kekisruhan yang dibuat Liga Super Eropa, karena ia harus pergi meninggalkan Man United.

Akan tetapi, Woodward baru akan benar-benar melepaskan jabatannya di Man United pada akhir musim 2020-2021 nanti. Jadi, untuk sekarang ini Woodward masih akan terus berada di Old Trafford.

Fans menolak adanya Liga Super Eropa

Woodward meninggalkan Man United setelah delapan tahun menjabat sebagai Wakil Ketua Eksekutif klub tersebut. Namun secara keseluruhan ia sudah 16 tahun berada di Man United, tepatnya setelah ia terlibat saat keluarga Glazer mengakuisisi Man United pada 2005 silam.

Saat ini sendiri Liga Super Eropa dipastikan telah ditangguhkan. Proyek besar yang diketuai oleh Florentino Perez itu disebutkan akan mencoba menata ulang persiapan mereka usai enam tim Inggris memutuskan untuk keluar dari 12 Klub Pendiri Liga Super Eropa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini