6 Klub Liga Inggris Keluar, Liga Super Eropa: Mereka Ditekan dari Luar!

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 08:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 51 2398175 6-klub-liga-inggris-keluar-liga-super-eropa-mereka-ditekan-dari-luar-Z8epvmmmDE.jpg Man United batal ambil bagian di Liga Super Eropa. (Foto: Twitter/@ChampionsLeague)

LIGA Super Eropa mengeluarkan pernyataan resmi soal enam klub Liga Inggris yang menyatakan keluar dari kompetisi garapan mereka. Dalam rilis yang dimuat, mereka mengatakan enam klub Liga Inggris keluar dari Liga Super Eropa karena mendapatkan tekanan dari luar.

“Kami sedang mempertimbangkan kembali langkah-langkah yang tepat untuk membentuk kembali proyek ini. Kami mengusulkan kompetisi baru, karena kompetisi saat ini tidak berfungsi. Klub Liga Inggris terpaksa pergi karena tekanan dari luar,” tulis pernyataan resmi Liga Super Eropa.

Manchester United

(Man United batal ambil bagian di Liga Super Eropa)

Peserta permanen Liga Super Eropa ada 12 klub. Sebanyak 50 persen di antaranya merupakan klub Liga Inggris. Mereka ialah Manchester City, Manchester United, Liverpool, Tottenham Hotspur, Arsenal dan Chelsea.

Jumlah kontestan Liga Super Eropa semakin sedikit karena Inter Milan juga sudah mengumumkan mundur dari Liga Super Eropa. Menurut laporan Bleacher Report Football, AC Milan, Barcelona dan Atletico Madrid juga batal ambil bagian di kompetisi yang awalnya menjadi tandingan Liga Champions.

Hal itu berarti, tinggal Juventus dan Real Madrid yang belum mengambil keputusan. Hal itu tidak mengherankan, mengingat petinggi Liga Super Eropa merupakan bos dari kedua klub tersebut.

BACA JUGA: Liga Super Eropa Ditangguhkan, PSG Resmi Batal Juara Liga Champions 2020-2021 Hari Jumat

Florentino Perez yang berstatus presiden Liga Super Eropa merupakan presiden Real Madrid. Sementara Andrea Agnelli yang merupakan wakil presiden Liga Eropa adalah presiden Juventus saat ini.

Sekarang, apa alasan yang membuat klub-klub di atas mundur dari Liga Super Eropa? Setidaknya ada dua alasan. Faktor pertama karena suporter mereka tak setuju klub kesayangan mereka tampil di kompetisi tidak resmi.

Real Madrid

(Real Madrid belum menyatakan sikap)

Kedua, karena hukuman berada di depan mata. Sekadar informasi, Jesper Moller selaku anggota Exco UEFA dan Aleksander Ceferin (Presiden UEFA) mengeluarkan ultimatum. Mereka tak segan mencoret kontestan Liga Super Eropa dari seluruh kompetisi garapan UEFA.

“Klub-klub itu (peserta Liga Super Eropa) harus pergi (dari Liga Champions) dan saya harap itu terjadi pada Jumat. Kemudian, kami akan mencari tahu bagaimana cara menyelesaikan kompetisi Liga Champions musim ini. Ada rapat luar biasa hari Jumat,” kata Jesper Moller mengutip dari Soccerway.

“Pendapat saya, mereka (tim-tim yang tampil di Liga Super Eropa) secepat mungkin harus dilarang dari semua kompetisi kami,” sambung Ceferin menimpali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini