Hari Jumat, PSG Bisa Dinobatkan sebagai Juara Liga Champions 2020-2021

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 261 2397560 hari-jumat-psg-bisa-dinobatkan-sebagai-juara-liga-champions-2020-2021-CEqvweazls.jpg PSG juara Liga Champions 2020-2021 pada Jumat, 21 April 2021? (Foto: REUTERS/Christian Hartmann)

MADRID – Anggota Exco UEFA, Jesper Moller, mengeluarkan pernyataan yang membuat fans Real Madrid, Chelsea dan Manchester City Ketar-ketir. Sebab, Jesper Moller mengatakan keikutsertaan Real Madrid, Chelsea dan Manchester City di Liga Champions 2020-2021 bisa dicabut! Padahal, ketiga klub di atas bersama Paris Saint-Germain (PSG) sudah menembus semifinal Liga Champions 2020-2021.

Jumat, 23 April 2021, UEFA akan mengadakan rapat luar biasa. Dalam rapat itu akan diputuskan bagaimana nasib ketiga klub di atas yang memutuskan ambil bagian di Liga Super Eropa, kompetisi tandingan Liga Champions.

Real Madrid

(Real Madrid bisa dicoret dari Liga Champions 2020-2021)

“Klub-klub itu harus pergi (dari Liga Champions) dan saya harap itu terjadi pada Jumat. Kemudian, kami akan mencari tahu bagaimana cara menyelesaikan kompetisi Liga Champions musim ini. Ada rapat luar biasa hari Jumat,” kata Jesper Moller mengutip dari Soccerway, Selasa (20/4/2021).

Jika Real Madrid, Chelsea dan Manchester City dicoret dari Liga Champions, Paris Saint-Germain (PSG) paling diuntungkan. Sebab, PSG merupakan satu-satunya semifinalis Liga Champions 2020-2021 yang tidak ambil bagian di Liga Eropa 2020-2021.

Bukan tak mungkin, jika benar Real Madrid, Chelsea dan Manchester City dicoret gara-gara keikutsertaan di Liga Super Eropa, PSG akan dinobatkan sebagai kampiun Liga Champions 2020-2021.

Andai benar dinobatkan menjadi juara, ini merupakan yang pertama Les Parisiens –julukan PSG– memenangkan trofi Liga Champions. Sebelumnya, pencapaian terbaik klub kebanggaan asal Kota Paris ini adalah finis runner-up di Liga Champions 2019-2020.

Lantas, apa yang membuat PSG tidak ambil bagian di Liga Super Eropa? Menurut presiden Liga Super Eropa, Florentino Perez, PSG belum mereka undang untuk ambil bagian di ajang yang kemungkinan bergulir per Agustus 2021.

BACA JUGA: Real Madrid, Chelsea dan Man City Dicoret dari Liga Champions, Florentino Perez: Itu Tak Mungkin!

“Kami belum mengundang PSG. Kami akan berbicara dengan banyak klub dan menjelaskan kepada mereka tentang proyek Super League. Jika Bayern menolak bergabung, itu tidak masalah. Kami akan merekrut beberapa wasit terbaik di dunia,” kata Florentino Perez, mengutip dari Twitter @FabrizioRomano.

Namun, Florentino Perez coba meyakinkan 12 klub yang sudah pasti ambil bagian di Liga Super Eropa. Presiden Real Madrid itu mengatakan, 12 klub itu takkan dicoret UEFA baik di kompetisi domestik maupun antarklub Eropa.

Florentino Perez

(Florentino Perez presiden Liga Super Eropa)

“Real Madrid, Manchester City dan Chelsea, dan juga klub lain yang tampil di Liga Super Eropa takkan dilarang tampil di Liga Champions maupun kompetisi domestik. Saya 100 persen yakin,” kata Perez saat diwawancara El Chiringuito, Okezone mengutip dari Twitter @FabrizioRomano.

Sebanyak 12 klub dipastikan ambil bagian di Liga Super Eropa. Mereka ialah AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Nantinya, ada 20 klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa. Sebanyak 20 klub itu dibagi ke dalam dua grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan 10 tim. Nantinya, 10 tim itu bertanding kandang dan tandang.

Tiga tim teratas dari masing-masing grup lolos otomatis ke perempatfinal Liga Super Eropa. Sementara itu, tim yang menduduki posisi empat dan lima akan melakoni babak playoff untuk mencari dua slot tersisa di perempatfinal Liga Super Eropa. Kemudian, babak perempatfinal dan semifinal dilangsungkan dengan format kandang dan tandang. Barulah, partai puncak digelar satu laga, atau biasa dilangsungkan di tempat netral.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini