5 Gelandang U-23 Terbaik Saat Ini, 2 Pemain Main di Liga Inggris

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 19 April 2021 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 51 2397208 5-gelandang-u-25-terbaik-saat-ini-2-pemain-main-di-liga-inggris-N1DVMS863J.jpg Phil Foden. (Foto/Reuters)

BEBERAPA gelandang terbaik di dunia kini berusia 30-an. Itu artinya sudah saat bagi mereka untuk bersiap-siap digantikan oleh pemain yang lebih muda.

Apalagi sejumlah klub juga mulai berinvestasi pada kaum muda untuk proyek jangka panjang. Mereka membatasi pembelian pemain dan lebih mengembangkan akademi untuk masa depan.

Berikut ini lima gelandang terbaik U-25 terbaik saat ini:

5. Dani Olmo (RB Leipzig)

Dani Olmo merupakan produk akademi La Masia, Barcelona. Dia meninggalkan Barcelona pada 2014 dengan bergabung klub Kroasia, Dinamo Zagreb, sebuah sebuah langkah yang jit juga mengejutkan.

Foto/UEFA

Namun, penampilannya bersama Zagreb menarik banyak klub, salah satunya Barcelona. Namun, ia bergabung dengan RB Leipzig pada 2020.

Baca juga: 5 Alasan Lionel Messi Bertahan di Barcelona, Nomor 2 Faktor Terkuat

Pemain berusia 22 tahun itu menjadi andalan manajer Julian Nagelsmann. Dia telah mencetak emapt gol dan memberi 9 asistensi dalam 29 penampilannya di Liga Jerman.

4. Martin Odegaard (Arsenal pinjaman dari Real Madrid)

Martin Odegaard menjadi sorotan sejak dia masih remaja. Akhirnya dia bergabung dengan Real Madrid pada 2015.

Baca juga: 5 Calon Pengganti Hansi Flick di Bayern Munich, Allegri Kandidat Terkuat?

Hanya saja, dia kesulitan menembus tim inti. Odegaard dikirim ke berbagai klub sebagai pemain pinjaman.

Foto/Reuters

Odegaard bermain mengesankan saat dipinjamkan ke Vitesse dan Real Sociedad. Dia pun kembali ke Real Madrid, dan tetap sulit masuk skuad inti.

Pemain asal Norwegia itu akhirnya memilih Arsenal pada Januari 2021 lalu. Di klub asal London itu, pemain berusia 23 tahun tersebut sudah tampil 9 kali dan mencetak satu gol.

3. Phil Foden (Manchester City)

Saat Pep Guardiola rutin memainkan Phil Foden, dia mendapat kritik keras. Namun, semuanya berubah. Foden yang berusia 20 tahun menjadi salah satu gelandang terbaik.

Pemain Timnas Inggris ini seorang pengumpan yang baik, kreatif dan serbaguna. Foden menjadi salah satu pemain terpenting Manchester City di musim ini. Dia telah membuat 24 penampilan di Liga Premier musim ini, mencetak enam gol dan memberikan lima assist.

Foto/Reuters

2. Mason Mount (Chelsea)

Mason Mount mampu beroperasi di banyak posisi. Dia adalah pesepakbola pekerja keras yang memberikan bisa kontribusi baik secara defensif maupun ofensif.

Pemain Timnas Inggris itu adalah aset yang sangat penting bagi Chelsea, dan pelatih Thomas Tuchel. Pemain berusia 22 tahun itu mencetak enam gol dan memberikan empat assist dalam 30 penampilan.

Foto/Reuters

1. Frenkie de Jong (Barcelona)

Frenkie de Jong adalah gelandang klasik Belanda seperti Johan Cruyff. De Jong adalah pemain lulusan akademi Ajax. Dia memiliki kemampuan menggiring bola dan umpan yang apik, serta kecerdasan visinya yang mengagumkan.

De Jong kini bermain untuk Barcelona sejak 2019. Pemain berusia 23 tahun itu telah mencetak tiga gol dan memberi empat asistensi dari 30 penamppilannya di Liga Spanyol.

Foto/Reuters

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini