3 Alasan Sebaiknya Borussia Dortmund Jual Erling Haaland

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 19 April 2021 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 51 2397160 3-alasan-sebaiknya-borussia-dortmund-jual-erling-haaland-4YeWPvxaMi.jpg Erling Haaland. (Foto/Reuters)

ERLING Haaland ramai diberitakan menjadi incaran sejumlah klub besar dan kaya Eropa. Kehebatan pemain asal Norwegia itu mencetak gol menjadi banyak klub kepincut dengan pemuda 21 tahun tersebut.

Pada musim ini Haaland telah mencetak 35 gol di semua kompetisi. Sebanyak 23 di antaranya terjadi di Liga Jerman dari 24 pertandingan.

Namun, Dortmund bersikeras tak mau menjual Haaland. Hanya saja ada tiga alasan sebaiknya klub asal Jerman tersebut melelang sang pemain andalan:

3. Haaland tidak akan tinggal lama

Dortmund boleh saja mencoba mempertahankan Halaand. Tapi kita semua tahu dia akan meninggalkan Die Borussen lebih cepat. Haaland memang masih memiliki kontrak hingga Juni 2022.

Hanya saja, Dortmund memiliki sejarah yang buruk terhadap pemain andalan mereka. Tim Hitam Kuning rutin ditinggalkan para bintang muda mereka karena klub sulit mendapatkan trofi.

Foto/Reuters

Baca juga: Erling Haaland Mati Kutu di Hadapan Man City

Baca juga: Minta Gaji Rp20 Miliar Per Pekan, Klub Peminat Haaland Mundur Teratur

2. Dortmund Membutuhkan Uang

Dortmund sangat membutuhkan bala bantuan. Seluruh lini tengah semakin menua dan pertahanannya tidak cukup kuat untuk sebuah klub yang ingin memperebutkan trofi di level tertinggi.

Foto/Reuters

Hal itu terlihat dari performa mereka pekan lalu melawan Manchester City. Pengganti kualitas terbaik untuk Marwin Hitz yang tidak tampil bagus dan Roman Burki yang rawan cedera adalah masalah yang sudah lama terjadi.

Haaland bisa membawa rezeki bagi Dortmund. Nilai dia di pasaran setidaknya 100 juta euro. Uang sebanyak itu bisa dibelanjakan dengan kualitas pemain yang bisa membawa mereka meraih gelar juara.

3. Manajer Baru, Strategi Baru

Manajer sementara, Edin Terzic, akan mundur pada akhir musim untuk memberi jalan bagi Marco Rose. Dengan menunjuk Marco Rose, yang sukses luar biasa di Borussia Monchengladbach, dewan direksi akan menjalankan visi jangka panjang.

Foto/Reuters

Seorang pemain yang diragukan tampil musim depan, tentunya tidak ideal untuk seorang manajer.

Haaland bukan satu-satunya harapan masa depan Borussia Dortmund. Skuad saat ini penuh dengan bakat muda yang kuat. Pemain seperti Jadon Sancho, Jude Bellingham, dan Giovanni Reyna adalah impian manajer di mana pun.

Membangun tim dengan ego satu pemain bintang dapat memperlambat perkembangan prospek masa depan tim. Hengkangnya Haaland mungkin akan membawa memperkuat kerja sama tim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini