Pilih Liga Champions, Sir Alex Ferguson: Liga Super Eropa Sebuah Kemunduran!

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Senin 19 April 2021 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 51 2397136 pilih-liga-champions-sir-alex-ferguson-liga-super-eropa-sebuah-kemunduran-7MT6nMEVdp.jpg Alex Ferguson (kanan) saat berbincang dengan Solskjaer. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

MANCHESTER – Pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, mengkritik keras adanya kompetisi Liga Super Eropa. Ia menilai Liga Champions sebagai kompetisi terbaik, sedangkan penyelenggaraan Liga Super Eropa hanyalah sebuah kemunduran.

Sebanyak 12 klub dinyatakan sebagai pendiri dan dipastikan tampil sebagai peserta permanen Liga Super Eropa. Salah satu dari 12 klub itu adalah Man United.

Sir Alex Ferguson

(Sir Alex Ferguson, pelatih legendaris Man United)

Selain itu, ada Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City, dan Tottenham Hotspur dari klub Inggris. Sementara itu, enam tim lainnya adalah AC Milan, Atletico Madrid, Barcelona, Inter Milan, Juventus, dan Real Madrid.

Mantan pelatih yang kerap dipanggil Fergie itu pun tak bisa membayangkan, jika Man United tak bersaing di Liga Champions. Apalagi setelah Fergie bersusah payah memberikan dua titel Liga Champions kepada Setan Merah.

“Pembicaraan mengenai Liga Super Eropa sama saja menjauhi sejarah sepakbola klub Eropa selama 70 tahun. Pada masa saya di Man United, kami bermain di empat final Liga Champions. Pertandingan itu selalu menjadi malam yang istimewa,” kata Ferguson dikutip ESPN, Senin (19/4/2021).

BACA JUGA: Gabung Liga Super Eropa, 12 Klub Pendiri Dapat Miliaran Rupiah

Pria asal Skotlandia itu pun menilai Liga Champions sudah memiliki format pertandingan yang sudah bersaing. Hal itu membuat banyak tim berambisi untuk bisa tampil di kompetisi itu.

“Everton saja sampai mengeluarkan biaya 500 juta poundsterling untuk membuat stadion baru. Mereka berambisi untuk bermain di Liga Champions. Penggemar sudah mencintai kompetisinya seperti sekarang,” ujarnya

Manchester United

(Man United ambil bagian di Liga Super Eropa)

Nantinya, ada 20 klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa. Sebanyak 20 klub itu dibagi ke dalam dua grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan 10 tim. Nantinya, 10 tim itu bertanding kandang dan tandang.

Tiga tim teratas dari masing-masing grup lolos otomatis ke perempatfinal Liga Super Eropa. Sementara itu, tim yang menduduki posisi empat dan lima akan melakoni babak playoff untuk mencari dua slot tersisa di perempatfinal Liga Super Eropa.

Kemudian, babak perempatfinal dan semifinal dilangsungkan dengan format kandang dan tandang. Barulah, partai puncak digelar satu laga, atau biasa dilangsungkan di tempat netral.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini