Optimis Liga 1 2021 Bisa Bergulir, Juni Bisa Digelar?

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 19 April 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 49 2397026 optimis-liga-1-2021-bisa-bergulir-juni-bisa-digelar-1ymnq2MJfE.jpg Persija Jakarta vs PSM Makassar semifinal Piala Menpora 2021. (Foto/Liga Indonesia Baru)

SOLO Liga 1 2021 semakin dekat bergulir setelah (Menpora), Zainudin Amali kembali memuji konsistensi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam melaksanakan protokol kesehatan. Hal itu disampaikannya usai meninjau langsung pelaksanaan protokol kesehatan pada pertandingan leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta melawan PSM Makassar di Stadion Manahan, Solo pada Senin 19 April 2021.

Pelaksanaan protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik dan dilakukan secara konsisten. Menpora pun merasa optimis dalam waktu dekat izin pelaksanaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 akan segera turun. Apabila diminta untuk memberikan rekomendasi, dia menegaskan tak segan untuk memberikan izin bergulirnya kompetisi.

Baca juga: PSS Sleman vs Persib Bandung: Serangan Tajam Melawan Pressing Tinggi

“Pelaksanaan prokes sama dengan apa yang dipaparkan PSSI dan LIB sebagai penyelenggara turnamen. Untuk itu pemerintah mengapresiasi dan terima kasih karena tidak ada berkurang sedikit pun semuanya melalui protokol kesehatan,” tutur Zainudin Amali mengutip laman Liga Indonesia Baru.

Foto/LIB

“Saya optimis ini bisa kita jaga sampai dengan pelaksanaan final nanti. Maka saya optimis izin untuk penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 akan dikeluarkan oleh pihak kepolisian. Dan tentu saya menyaksikan langsung pelaksanaan protokol kesehatannya.”

Baca juga: Fadil Sausu Yakin Hasil Piala Menpora 2021 Bakal Berguna untuk Bali United

“Maka apabila ditanya apakah merekomendasikan, pasti kami akan merekomendasikan kecuali ada skenario lain dari penyelenggaraan dengan Liga 1 dan Liga 2,” tambah dia.

Zainudin Amali menyebut masih ada ujian bagi PSSI dan LIB dalam memastikan izin kompetisi yakni pelaksanaan protokol kesehatan hingga partai final Piala Menpora nanti.

Jika hal tersebut bisa dilaksanakan dengan baik oleh PSSI dan LIB, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dapat dipastikan berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang menegaskan bahwa apa yang dilakukan PSSI dan LIB akan konsisten hingga Piala Menpora 2021 berakhir. Dia berharap hal tersebut dapat meyakinkan semua pihak terutama pihak kepolisian untuk mengeluarkan izin pelaksanaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021.

“Penerapan protokol kesehatan, kita sampaikan ke beliau kita komitmen karena ini menjadi pertaruhan federasi dan LIB untuk bergulirnya kembali nanti kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Beliau sampaikan masih ada satu ujian lagi yaitu final bagaimana? Insya Allah Pak Menteri kita akan jaga ketat protokol kesehatan,” beber Pria yang akrab disapa Iwan Bule.

Foto/LIB

Selain itu dia juga mengapresiasi kepatuhan suporter yang mematuhi imbauan untuk nonton di rumah saja dan tidak ada suporter yang memaksakan diri hadir ke stadion.

“Para suporter benar-benar menaati untuk menonton di rumah saja. Jadi perkembangannya seperti itu seperti yang disampaikan ke Pak Wakapolri, kita enggak nyangka ternyata bisa juga,” sebut pria berusia 59 tahun.

“Insya Allah kami akan berkomitmen menjaga seluruh stakeholder Piala Menpora karena berharap segera bisa ditindaklanjuti untuk bisa kita lanjutkan ke kepolisian, mohon izin Liga 1 dan Liga 2 bisa bergulir insya Allah bulan Juni nanti,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini