Share

Tegas, UEFA Bakal Beri Sanksi Klub yang Masih Bandel Ingin Buat Liga Super Eropa

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 18 April 2021 23:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 51 2396790 tegas-uefa-bakal-beri-sanksi-klub-yang-masih-bandel-ingin-buat-liga-super-eropa-DqmbOebflV.jpg UEFA. (Foto: Laman resmi UEFA)

NYON UEFA dan Federasi Sepakbola Inggris (FA), Italia (FIGC), dan Spanyol (RFEF) sepakat untuk tak mendukung dibentuknya sebuah kompetisi baru bernama Liga Super Eropa. Bahkan UEFA yang merupakan Federasi Sepakbola Eropa itu bakal memberikan sanksi kepada klub-klub yang masih ngotot membentuk liga baru yang berisikan tim-tim besar di Benua Biru tersebut.

Sanksi yang akan diberikan UEFA adalah klub-klub yang terlibat di kompetisi Liga Super Eropa nantinya bakal dilarang mengikuti kompetisi lain di tingkat domestik, Eropa, bahkan dunia. Sebab FIFA sendiri sejak awal sudah menentang terkait format liga baru tersebut.

Lebih keras lagi, UEFA juga bakal memberikan sanksi kepada pemain yang terlibat di Liga Super Eropa. Pemain-pemain yang ikut serta di Liga Super Eropa dipastikan takkan bisa bermain di Tim Nasional (Timnas).

Baca Juga: Virus Corona Munculkan Kompetisi Liga Champions Tandingan, Apa Itu?

Liga Super Eropa

“Seperti yang diumumkan sebelumnya oleh FIFA dan enam Federasi Sepakbola, klub-klub yang terlibat (dalam pembentukan Liga Super Eropa) akan dilarang bermain di kompetisi lain di tingkat domestik, Eropa atau dunia. Para pemain juga dapat ditolak kesempatannya untuk mewakili tim nasional mereka,” bunyi keterangan dari UEFA yang dikutip dari lama resmi mereka, Minggu (18/4/2021).

Lebih lanjut, UEFA bersama Federasi Sepakbola Inggris, Spanyol, dan Italia beserta penyelenggara Liga Premier, La Liga, dan Serie A, akan tetap Bersatu menentang pembentukan Liga Super Eropa.

Menurut UEFA, proyek pembentukan Liga Super Eropa adalah rencana licik dari pemilik-pemilik klub papan atas Eropa yang ingin meraup keuntungan lebih besar lagi. Jadi, karena itulah UEFA dan seluruh pemangku Federasi Sepakbola Inggris, Spanyol, dan Italia sepakat untuk menentang Liga Super Eropa tersebut.

“Kami ingin menegaskan kembali bahwa kami (UEFA, FA Inggris, RFEF, FIGC, Liga Premier, LaLiga, Lega Serie A) dan juga FIFA serta semua asosiasi anggota kami, akan tetap bersatu dalam upaya menghentikan proyek sinis ini. Sebuah proyek yang didirikan atas dasar kepentingan pribadi beberapa klub pada saat masyarakat membutuhkan solidaritas lebih dari sebelumnya,” tambah keterangan resmi dari UEFA.

“Kami akan mempertimbangkan semua tindakan yang tersedia bagi kami, di semua tingkatan, baik peradilan dan olahraga untuk mencegah hal ini terjadi. Sepakbola didasarkan pada kompetisi terbuka dan prestasi olahraga, tidak bisa dengan cara lain,” lanjut keterangan tersebut.

Logo UEFA

Seperti yang diketahui, Liga Super Eropa memang adalah sebuah format baru yang diprakarsai oleh klub-klub elit Eropa.

Menariknya, hanya beberapa klub besar di Inggris, Spanyol, dan Italia saja yang setuju dengan kompetisi baru tersebut. Jerman dan Prancis menolak untuk mengikuti pembentukan liga baru tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini