Persija Jakarta vs PSM Makassar: Siapa Pengganti Peran Marco Motta?

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Minggu 18 April 2021 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 49 2396602 persija-jakarta-vs-psm-makassar-siapa-pengganti-peran-marco-motta-plMHzBLYPR.jpg Marco Motta. (Foto/Persija Jakarta)

SOLO Persija Jakarta akan menghadapi PSM Makassar pada leg kedua semifinal Piala Menpora 2021. Laga akan berjalan di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4/2021) pukul 20.30 WIB.

Lini belakang Macan Kemayoran sedikit ompong karena kehilangan bek kanan asal Italia, Marco Motta. Eks pemain Juventus itu diusir wasit pada pertandingan pertama.

Foto/Instagram

Pelatih Persija Jakarta, Sudirman mengatakan hingga saat ini timnya belum menemukan sosok pengganti tepat untuk mengisi slot yang ditinggalkan Motta.

Baca juga: Persija vs PSM Makassar, Sudirman: Boleh Emosi, tapi Tetap Fokus Cetak Gol

"Pengganti Motta masih dicari untuk laga nanti (menghadapi PSM Makassar di leg kedua semifinal Piala Menpora 2021). Kemain tim kami beri waktu untuk beristirahat total," ujar Sudirman saat konferensi pers virtual pada Sabtu 17 April 2021.

Baca juga: Demi Final Piala Menpora, PSM Makassar Siap Main Ngotot Lawan Persija

"Kemungkinan baru pada latihan malam ini kami mencari pemain untuk mengisi pos Marco Motta," ujarnya lagi.

Marco Motta pernah absen saat Persija menghadapi Bhayangkara Solo FC di fase grup B. Saat itu dia tak bisa merumput karena cedera.

Posisinya ketika itu digantikan pemain berusia 18 tahun, Alfriyanto Nico. Pemain Timnas U-19 itu cukup baik dalam membantu serangan dan pertahanan, meski tak bermain di posisi favoritnya, penyerang sayap.

Selain Nico, Sudirman bisa saja memainkan Alfath Fathier. Pemain berusia 24 tahun itu murni seorang bek sayap, namun dia biasa ditempatkan di posisi kiri.

Sudirman kemungkinan bisa menempatkan Fathier sebagai pengisi ruang yang ditinggalkan Motta. Pasalnya di psosisi kiri, Persija memiliki Rezaldi Hehanussa atau Novri Setiawan.

Pada leg pertama Persija dan PSM bermain imbang tanpa gol. Jika pada pertandingan kedua, hasil tetap tak berubah atau tetap imbang meski dengan gol, laga akan dilanjutkan langsung ke penalti.

Sudirman mengatakan ia sudah mengantongi nama-nama yang akan menjadi eksekutor andai terjadi adu tos-tosan kontra PSM Makassar.

Foto/Persija Jakarta

"Kita sudah memperiapkan jauh-jauh hari untuk penalti. Dari delapan besar bahkan. Jadi kami sudah punya nama (untuk eksekutor penalti)," ujar dia.

Hal serupa juga disampaikan penggawa Persija Jakarta, Novri Setiawan, yang mengatakan timnya sudah sangat siap bahkan jika harus berlaga sampai adu penalti. Meski demikian, ia berharap Persija bisa mengamankan kemenangan di waktu normal.

"Saya pikir pada situasi seperti ini semua pemain harus dalam keadaan siap dan kami sudah melakukan persiapan itu sejak lama. Tapi kami berharap tidak perlu sampai babak adu penalti untuk menang," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini