5 Pesepakbola yang Tak Disangka Beragama Islam, Nomor 1 Sempat Jadi Pemain Termahal Dunia

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 51 2395201 5-pesepakbola-yang-tak-disangka-beragama-islam-nomor-1-sempat-jadi-pemain-termahal-dunia-M8L4ZgHXKr.jpg Paul Pogba tampak hendak beribadah. (Foto: Instagram/@paulpogba)

PESEPAKBOLA muslim yang mentas di Eropa sedang menjadi sorotan. Sebab, beberapa di antaranya tetap menjalankan ibadah puasa meski kompetisi sepakbola terus bergulir, yang mana sudah memasuki masa krusial.

Mohamed Salah menjadi simbol pemain muslim yang berkarier di Eropa. Selebrasi sujud dan selalu berdoa sebelum pertandingan, menjadi penanda Mohamed Salah sebagai penganut Islam yang taat.

Di luar Mohamed Salah, ada banyak pesepakbola muslim yang berkarier di Eropa. Bahkan, ada beberapa pesepakbola yang tidak disangka-sangka justru beragama Islam. Siapa saja?

Berikut 5 pesepakbola yag tak disangka beragama Islam:

5. Granit Xhaka

Granit Xhaka

Granit Xhaka memang berpaspor Swiss. Namun, ia berdarah Albania, yang mana mayoritas warganya beragama Islam.

Di awal musim ini, Xhaka mempunyai sejumlah teman yang beragama Islam seperti Mesut Ozil, Skhodran Mustafi dan Kolasinac di Arsenal. Sayangnya, Ozil, Kolasinac dan Mustafi kompak meninggalkan Arsenal pada Januari 2021.

4. Edin Dzeko

Edin Dzeko

Urusan membobol gawang lawan jangan ragukan kualitas Dzeko. Karena itulah, Dzeko sempat membela klub sebesar Manchester City dan kini berseragam AS Roma.

Dzeko sendiri memeluk agama Islam sejak lahir. Hal itu karena Dzeko lahir di Bosnia-Herzegovina, salah satu negara yang mayoritas warganya beragama Islam.

3. Emmanuel Adebayor

Emmanuel Adebayor

Adebayor sempat jadi juru gedor Arsenal dalam kurun 2006-2009. Penyerang asal Togo ini juga pernah mengisi lini depan klub-klub mapan macam Manchester City dan Real Madrid.

Pada 2015, Adebayor memutuskan menjadi mualaf, atau ketika dirinya berusia 31 tahun. Saat itu, Adebayor memilih menjadi mualaf setelah ia mengalami masalah di dalam keluarganya.

Setelah memeluk agama Islam, mantan bomber Arsenal itu mengaku hidupnya menjadi tenang. Karena itu tak heran, setelah memutuskan menjadi mualaf, Adebayor memilih melanjutkan karier di Liga Turki pada 2017, yang mana mayoritas warganya beragama Islam.

2. Nicolas Anelka

Nicolas Anelka

Nicolas Anelka memilih menjadi mualaf pada 1995 atau di usia 16 tahun. Ketika itu Anelka memilih menjadi mualaf satu tahun sebelum turun di persepakbolaan profesional bersama Paris Saint-Germain (PSG).

Anelka cukup sukses selama menjadi pesepakbola profesional. Meski kerap bergonta-ganti klub, Anelka pernah memenangkan trofi Liga Champions 1999-2000 bersama Real Madrid, Liga Inggris 2009-2010 bareng Chelsea dan Liga Italia 2012-2013 ketika berseragam Juventus.

1. Paul Pogba

Paul Pogba

Paul Pogba memutuskan menjadi mualaf pada 2012, atau ketika masih berusia 19 tahun. Ia memilih menjadi mualaf setelah bergaul dengan rekan-rekannya yang beragama Islam.

Setelah memeluk agama Islam, karier II Polpo –julukan Pogba– meningkat. Pogba menjadi pemain andalan Juventus saat meraih empat trofi Liga Italia secara beruntun (2012-2016).

Performa impresif di atas, membuat Manchester United tertarik membawa pulang Paul Pogba yang notabene pemain jebolan akademi mereka. Karena itu, pada musim panas 2016 Pogba digaet Man United dengan memecahkan rekor transfer dunia, yakni 105 juta euro (Rp1,83 triliun).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini