Presiden Jokowi Minta Kaji Izin Liga 1 Dihadiri Suporter

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 49 2394735 presiden-jokowi-minta-kaji-izin-liga-1-dihadiri-suporter-lv2NdHUgb9.jpg Zainudin Amali (Foto: Laman resmi Kemenpora)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, telah mendapat amanat dari Presiden RI, Joko Widodo tentang penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 musim ini. Terlebih dengan adanya kemungkinan mengizinkan penonton hadir dalam stadion saat kompetisi mulai bergulir.

“Tadi sebenarnya saya ke istana itu mendampingi pak Presiden menerima pengurus Ikatan Motor Indonesia Pak Bambang Soesatyo. Tapi setelah itu kemudian saya lapor ke beliau tentang pelaksanaan kompetisi pramusim dan ternyata beliau memantau juga bahkan nonton di TV,” kata Menpora Amali dalam konferensi pers virtual, Rabu (14/4).

Zainudin Amali

Zainudin mengatakan bahwa Jokowi sejatinya memantau perkembangan sepakbola di Indonesia yang telah terselenggara lewat Piala Menpora 2021. Jokowi mengapresiasi gelaran Piala Menpora 2021 yang berjalan sukses.

Baca juga Evaluasi Piala Menpora 2021, Zainudin Amali Bersyukur Suporter Tepati Janji

Terlebih kompetisi pramusim tersebut benar-benar menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Begitu juga dengan para suportert yang mematahui himbauan untuk tidak berkeremun di stadion dan nonton bareng.

Baca juga Ada Wacana Izinkan Penonton Hadir, Menpora Tak Ingin Gegabah untuk Berikan Rekomendasi

“Pak presiden menyaksikan menonton pertandingan-pertandingan itu karena pada saat saya melaporkan kan beliau menyampaikan, ‘ya saya lihat juga di TV pertandingan,” sambung Zainudin.

Berkat Piala Menpora 2021 yang berjalan baik, maka harapan tentang terselenggaranya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 semakin nyata. Namun, terkait adanya wacana untuk mengizinkan penonton hadir di stadion, Jokowi meminta Zainudin untuk mengkaji hal itu dengan baik.

“Beliau (Presiden Jokowi) memberi arahan kepada saya tadi untuk Liga 1 dan Liga 2 dipersiapkan dengan baik,” kata Zainudin.

“Tadi bapak presiden sudah membuka peluang itu sudah menyampaikan kepada saya untuk saya mengkaji jadi mengkaji bukan mengizinkan coba dikaji Menpora kira-kira seperti apa tentu saya harus berkomunikasi dengan penyelenggara, pihak keamanan untuk hal tersebut,” jelasnya.

Zainudin Amali

“Saya akan kaji betul-betul. Jadi bukan satu keputusan. Ini bukan keputusan tapi diminta untuk mengkaji kalau hasil kajian tidak visible untuk ada penonton ya saya akan sampaikan seperti itu. Tentu itu melibatkan berbagai elemen dan yang pasti saya akan minta informasi PSSI dan LIB karena penyelenggaranya mereka,” lanjutnya.

Sejauh ini, kompetisi Piala Menpora 2021 telah memasuki babak semifinal. Ada pun para penonton akan tetap dilarang hadir masuk dalam stadion hingga mencapai babak final.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini