Usai Antar Madrid Hempaskan Liverpool, Zidane Kasih Kode ke Juventus

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 06:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 261 2390561 usai-antar-madrid-hempaskan-liverpool-zidane-kasih-kode-ke-juventus-pRgNQo23YA.jpg Zinedine Zidane mengangkat tangan (Foto: UEFA)

MADRID – Real Madrid sukses menaklukkan Liverpool dengan skor telak 3-1 pada leg I Perempatfinal Liga Champions 2020-2021, Rabu (7/4/2021) dini hari WIB di Stadion Alfredo di Stefano. Usai pertandingan tersebut, entrenador Zinedine Zidane memberi kode kepada mantan klubnya Juventus.

Kemenangan Los Blancos atas Liverpool sungguh di luar dugaan. Pasalnya, Real Madrid tampil tanpa sejumlah personel kunci. Di lini belakang, mereka kehilangan duet Raphael Varane dan sang kapten Sergio Ramos. Sementara di depan, Eden Hazard menepi lantaran cedera.

Baca juga: Liverpool Memang Tak Pantas Menang atas Real Madrid

Bukan Real Madrid namanya kalau tidak bisa keluar dari segala kesulitan. Zinedine Zidane dengan jeli meramu taktik untuk meremukkan Liverpool. Sadar timnya bakal menderita dengan counter pressing ala Jurgen Klopp, Los Merengues mengandalkan bola panjang untuk melancarkan serangan balik kilat.

Liverpool dibuat tak berdaya (Foto: Reuters/Susana Vera)

Strategi tersebut terbukti jitu lagi mujarab. Dua dari tiga gol Real Madrid berasal dari skema serangan balik via bola direct ke wilayah pertahanan Liverpool. Tuan rumah dengan cerdik memanfaatkan garis pertahanan tinggi yang kerap dimainkan Si Merah.

Baca juga: Liverpool Kalah 1-3 dari Real Madrid, Wijnaldum Akui The Reds Kesulitan

Tentu saja, kejelian Zinedine Zidane membaca taktik Jurgen Klopp patut diacungi jempol. Selepas pertandingan, pelatih asal Prancis itu memberi kode kepada mantan klubnya, Juventus, dengan mengatakan Italia selalu berada di hatinya.

“Italia selalu ada di hati saya, Juventus selalu menjadi bagian penting dalam hidup saya. Kembali? Saya tidak tahu. Sekarang, saya ada di Real Madrid. Kita lihat saja,” ujar Zinedine Zidane kepada Sky Sport Italia, sebagaimana dicuitkan Fabrizio Romano di akun Twitter @FabrizioRomano, Rabu (7/4/2021).

Pernyataan Zinedine Zidane itu patut dicermati oleh segenap Direksi Juventus. Kode keras dari mantan pemain yang sudah merengkuh beberapa trofi penting sebagai pelatih itu pantang diabaikan.

Juventus memang dirumorkan bakal memecat Andrea Pirlo pada musim panas 2021. Apalagi, pelatih asal Italia itu hanya dikontrak selama semusim. Ia dinilai masih kurang pengalaman dalam menangani klub sekaliber La Vecchia Signora.

Zinedine Zidane pernah berkostum Juventus

Kembali ke laga Real Madrid vs Liverpool, kemenangan 3-1 itu membuka peluang bagi Karim Benzema dan kawan-kawan untuk lolos. Syaratnya, Madrid tak boleh kalah dengan skor 0-2 pada pekan depan di Stadion Anfield.

Hasil positif itu juga menjadi modal berharga jelang laga penentuan kontra Barcelona di akhir pekan nanti. Duel bertajuk El Clasico itu dianggap sebagai hidup mati bagi peluang kedua kesebelasan di Liga Spanyol 2020-2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini