Cara Menendang Bola Melengkung Paling Tepat

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 51 2386296 cara-menendang-bola-melengkung-paling-tepat-xNwZ41yGIF.jpg Ilustrasi sepakbola. (Foto: Twitter/@dfl_official)

CARA menendang bola melengkung jadi hal yang penting diketahui para pemain sepakbola. Dengan begitu, mereka bisa membuat varian dalam tendangan yang membuat penampilannya kian fantastis di atas lapangan.

Sejumlah pesepakbola top dunia sendiri cukup sering mengaplikasikan tendangan ini untuk menjebol gawang lawan. Salah satunya terlihat dalam aksi Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo

Lalu, bagaimana cara menendang bola melengkung paling tepat? Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk setiap orang yang tengah mempelajari teknik tendangan ini.

Teknik menendang bola melengkung sendiri biasanya juga disebut tendangan pisang. Tendangan ini bisa dilakukan dengan dua cara, yakni menendang dengan kaki bagian dalam dan menendang dengan kaki bagian luar.

BACA JUGA: Sadis, Pesepakbola Ini Tendang Kepala Pemain Lawan yang Tengah Terkapar di Lapangan

Untuk menendang dengan kaki bagian dalam, teknik ini jadi yang paling sering dilakukan pesepakbola. Biasanya, mereka menerapkan teknik ini jika jarak bola dengan mistar gawang sudah berdekatan.

BACA JUGA: Jenis-Jenis Latihan Fisik Sepakbola, Apa Saja?

Hal pertama yang harus dilakukan pemain adalah memosisikan bola tepat pada sisi depan atau sebelah kiri. Kemudian, dia bisa mengambil ancang-ancang dengan memberi salah satu tumpuan kaki yang akan digunakan menendang bola. Bisa kaki kanan atau kiri.

Umumnya, kaki kanan digunakan untuk menendang dan kaki kiri menjadi pijakan. Jika posisi kaki sudah tepat, pemain bisa mengayunkan kaki untuk menendang bersamaan dengan gerakan tangan dengan saling membuka ke arah depan dan belakang.

Tendanglah bola tepat di bagian bawahnya agar terangkat dan melewti dinding penghalang yang berada di depan pemain. Jika bolanya ingin melambung, condongkan tubuh ke arah belakang. Jika ingin bolanya melengkung ke bawah, maka condongkan badan ke arah depan.

Pertandingan sepakbola

Sementara itu, untuk teknik menendang bola melengkung dengan menggunakan kaki bagian luar, pemain juga harus memosisikan bola tepat di depan atau sisi kiri. Setelah mengambil ancang-ancang, pemain harus menempatkan posisi tubuh agar tendangan bisa melambung ke atas atau melengkung ke bawah.  

Untuk melakukannya, tendanglah bola tepat di bagian bawah. Untuk tendangan bola dengan menggunakan kaki bagian luar, usahakan bola sudah dalam posisi yang siap saat pemain ingin menendangnya. Kaki bisa diayunkan untuk mencari sasaran bola yang diarahkan ke gawang. Power kaki juga jadi hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan teknik tendangan yang satu ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini