Menpora Tegaskan Liga 1 dan 2 Bakal Diizinkan jika Turnamen Pramusim Sukses

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 49 2384415 menpora-tegaskan-liga-1-dan-2-bakal-diizinkan-jika-turnamen-pramusim-sukses-aZ89Np5QWn.jpg Zainudin Amali (Foto: Okezone)

MALANG - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, bakal mengizinkan penyelenggaraan Liga 1 dan 2 jika turnamen pramusim sukses. Hal ini disampaikannya saat meninjau protokol kesehatan dalam latihan Borneo FC di Stadion Gajayana, Malang, Jumat (25/3/2021), pagi WIB.

Menurut Zainudin, pihaknya ingin melihat kesungguhan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku penyelenggara turnamen pramusim Piala Menpora 2021 sebagai langkah awal dimulainya kompetisi.

Zainudin Amali (Foto: Okezone/Bagas Abdiel)

"Sebelum izin diterbitkan diketahui bahwa Piala Menpora ini adalah turnamen pramusim persiapan menuju ajang Liga 1 dan Liga 2 , (Piala Menpora) ini menjadi ujian karena ini menjadi kegiatan pertama di saat pandemi Covid-19," tutur Zainudin Amali.

Kemenpora terus mengingatkan PSSI dan PT LIB tentang komitmennya menyelenggarakan turnamen pramusim sepakbola dengan protokol kesehatan. Jika memang dirasa turnamen sepakbola pertama di tengah pandemi Covid-19, terselenggara sesuai prosedur, izin penyelenggaraan Liga 1 dan 2 dari Menpora dan Kapolri akan terbit.

"Saya wanti - wanti betul PSSI dan LIB, sebagai penyelenggara harus dijalankan sesuai komitmennya. Karena ini ujian, kalau PSSI dan LIB bisa melaksanakan sesuai apa yang sudah disampaikan ke kami dan Kapolri, maka kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Insya Allah akan terbit," terangnya.

BACA JUGA: Zainudin Amali Pastikan Panpel Piala Menpora Malang Penuhi Protokol Kesehatan

Namun, jika Menpora menyebut ada persoalan di turnamen pramusim terkait pelaksanaan protokol kesehatan, kemungkinan besar kompetisi Liga 1 dan 2 pun bakal kembali ditangguhkan oleh pemerintah.

BACA JUGA: Zainudin Amali Harap Piala Menpora 2021 Jadi Awal Baik untuk Kompetisi Sepakbola di Indonesia

"Tetapi, kalau pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora ini tidak sukses dan muncul masalah lagi, tentu akan dipertimbangkan kembali," tukasnya.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini