Jamu Atletico, Tuchel Ultimatum Para Penyerang Chelsea

Muhammad Mirza, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 261 2379450 jamu-atletico-tuchel-ultimatum-para-penyerang-chelsea-bq5kSpbl8H.jpg Thomas Tuchel (Foto: Reuters)

LONDON – Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, mengeluarkan ultimatum kepada barisan depanmnya jelang laga kandang melawan Atletico Madrid pada leg II 16 besar Liga Champions 2020-2021. Pelatih asal Jerman itu telah menentukan tenggat waktu bagi para penyerangnya untuk mencetak gol.

Sejak resmi menggantikan Frank Lampard pada 26 Januari lalu, Tuchel memang belum terkalahkan. Dari 12 laga yang disemua kompetisi, mantan nakhoda Paris Saint Germain itu mencatat delapan menang dan empat imbang.

 Olivier Giroud (Foto: Reuters)

Namun, bukan berarti performa Chelsea selama diasuhnya sudah sesuai harapan. Masih ada hal yang dianggap belum memuaskan, yakni produktivitas di lini depan. Sebab, selama periode itu, Olivier Giroud dkk hanya mendulang 13 gol atau 1,08 gol per laga.

Itu jauh lebih rendah dari catatan Tuchel ketika masih membesut PSG yang rata-rata mengemas 2,65 gol per laga. Selama bertugas di Parc des Princes, dia telah melakoni 127 partai diseluruh ajang dengan koleksi 337 gol.

Torehan Tuchel bersama Borussia Dortmund juga tergolong tinggi. Dari 108 pertandingan, dia bisa membantu Die Borussen meraup 245 gol atau 2,26 gol per laga. Itu sebabnya, dia sekarang merasa jengkel dengan lini depan Chelsea yang dinilainya tidak efisien.

 BACA JUGA: Chelsea vs Atletico Madrid, Simeone Punya Rencana untuk Singkirkan The Blues

Soalnya, dari 12 laga di era Tuchel, The Blues hanya empat kali mencetak dua gol, yakni kontra Burnley (2-0), Sheffield United (2-1), Newcastle United (2-0) dan Everton (2-0). Selebihnya empat kali hanya menang 1-0, sekali berujung 1-1 dan tiga kali bermain 0-0.

 BACA JUGA: Diego Simeone Tak Peduli Strategi Chelsea, Atletico Madrid Harus Menang

Mirisnya lagi, enam dari 13 gol itu dicetak pemain gelandang, yakni Mason Mount dan Jorginho. Artinya, lini depan hanya menyumbang tujuh gol saja. Celakanya, mereka berdua tidak bisa tampil melawan Atletico akibat skorsing.

Karena itu, jelang leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Kamis 18 Maret 2021, dini hari nanti di Stamford Bridge, Tuchel memberi ultimatum kepada para penyerangnya. Dia ingin siapapun yang diturunkan harus mencetak banyak gol.

Beban ini diberikan Tuchel karena posisi Chelsea belum aman. Soalnya, wakil Inggris itu hanya menang 1-0 pada leg pertama yang berlangsung di Arena Nationala, Bucharest. Bahkan gol itu baru tercipta di menit ke-68 melalui Giroud.

Thomas Tuchel (Foto: Reuters)

“Kami sebenarnya bisa menciptakan banyak peluang matang dan setengah matang untuk memenangkan pertandingan dengan meyakinkan. Sangat banyak peluang tercipta, khususnya di kotak penalti,” ucap Tuchel.

Tuchel memberi tenggat waktu kepada para penyerangnya. Seandainya nanti tidak bisa menjebol gawang Atletico, bukan tidak mungkin nantinya akan terlempar ke bangku cadangan. “Anda tidak bisa membuang-buang waktu di klub elite,” jelasnya.

“Waktu tidak akan menunggu Anda. Sebab, Anda sejatinya akan terus berkompetisi dengan rekan setim (untuk memperebutkan tempat di tim inti,” pungkas juru taktik berusia 47 tahun itu, dilansir The Sun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini