5 Pesepakbola yang Tak Disangka Pernah Bela Liverpool

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 51 2372909 5-pesepakbola-yang-tak-disangka-pernah-bela-liverpool-lo7SRRaRUv.jpg Joe Cole. (Foto/Liverpool)

LIVERPOOL bisa dibilang salah satu klub terbesar di dunia. The Reds—julukan Livverpool—pernah diperkuat sejumlah pemain-pemain hebat yang mendunia.

Sebut saja, Kenny Dalglish Steven Gerrard, hingga Luis Suarez, pernah membela publik Anfield. Namun, ada juga pemain dengan label bintang pernah berseragam merah Liverpool. Berikut, lima di antara pemain yang tak disangka pernah memperkuat Liverpool:

5. Victor Moses (19 penampilan untuk Liverpool)

Pemain sayap, Victor Moses pertama kali bermain di Liga Inggris bersama Crystal Palace kemudian berlanjut ke Wigan Athletic.

Foto/Reuters

Pemain asal Nigeria tersebut menikmati musim yang mengesankan bersama Wigan pada 2011-12. Tampil 38 pertandingan Liga Inggris dan Moses pernah mencetak enam gol.

Baca juga: Liverpool Ditundukkan Chelsea, Mohamed Salah Kesal Diganti Jurgen Klopp

Performa mengesankan Moses membuat Jose Mourinho memboyongnya ke Chelsea pada 2013. Namun, performanya tidak sesuai harapan pada tengah musim. Moses pun pindah ke Liverpool.

Baca juga: Permalukan Liverpool, Ini Kehebatan Chelsea Asuhan Thomas Tuchel

Di Liverpool, Moses juga tidak bermain apik pada akhir musim 2013-2014. Dia kemudian kembali ke Chelsea.

4. Joe Cole (26 penampilan untuk Liverpool)

Joe Cole pindah ke Liverpool dengan status bebas transfer dari Chelsea pada musim panas 2010. Kepindahan itu disambut dengan banyak sensasi.

Foto/Sportskeeda

Pemain asal Inggris itu tiba di Anfield. Cole dianggap memiliki bakat seperti Lionel Messi oleh rekan Steven Gerrard, tapi dia tidak pernah berhasil menunjukkan performa seperti bintang Barcelona, Messi.

Diserang berbagai cedera, Cole hanya berhasil bermain dalam 20 pertandingan di musim pertamanya bersama Liverpool, sembilan di antaranya menjadi starter. Setelah musim yang mengecewakan, ia pergi dengan status pinjaman selama satu musim ke Lille sebelum kembali ke Anfield untuk musim 2012-2013.

3. Robbie Keane (19 penampilan untuk Liverpool)

Pada 2008, The Reds mendatangkan Robbie Keane dengan nilai transfer 19 juta pounds dari Tottenham Hotspurs. Nilai tersebut cukup besar pada saat itu.

Foto/Liverpool

Meskipun pemain Irlandia itu menyatakan sebagai penggemar Liverpool, dia gagal masuk skuad utama The Reds. Keane kalah bersaing dengan Fernando Torres.

Keane hanya membuat 19 penampilan Liverpool, mencetak lima gol. Pada musim panas 2009, dia kembali ke Tottenham.

2. Mauricio Pellegrino (12 penampilan untuk Liverpool)

Mauricio Pellegrino sebagian besar dikenang oleh para penggemar Liga Premier karena sebagai manajer Southampton yang gagal pada musim 2017-18. Namun, sebelum berkarir sebagai pelatih, Pellegrino adalah pemain yang sukses di level sekitar 16 tahun, bahkan sempat bermain untuk Barcelona.

Foto/Sportskeeda

Keberhasilan terbesarnya saat berseragam Valencia. Dia membantu klub asal Spanyol tersebutmeraih dua gelar Liga Spanyol serta Piala UEFA 2004.

Pada 2005, Pellegrino pindah ke Anfield dengan status bebas transfer. Dia ditarik mantan bos Valencia, Rafa Benitez yang melatih Liverpool.

Kepindahan tersebut membuatnya menjadi orang Argentina pertama yang bermain untuk Liverpool. Hanya saja, masa jabatannya tidak bertahan lama. Pellegrino hanya membuat 12 penampilan di Liga Inggris untuk The Reds dan sama sekali gagal memberikan pengaruh.

1. Nuri Sahin (12 penampilan untuk Liverpool)

Pemain internasional Turki Nuri Sahin datang ke Liverpool dengan banyak kegembiraan setelah memenangkan banyak trofi bersama Borussia Dortmund dan Real Madrid. Namun, saat bersama Liverpool, Sahin tampil mengecewakan.

Sahin berhasil menembus skuad utama Dortmund pada musim 2005-2006, menjadi pemain termuda yang pernah bermain di Liga Jerman saat menjalani debutnya. Dia menghabiskan lima musim bersama Dortmund.

Foto/Sportskeeda

Penampilannya yang bagus memikat Real Madrid untuk memboyongnya pada 2011. Namun, faktor cedera membuat Sahin hanya tampil untuk empat laga.

Sahin kemudian dipinjamkan ke Liverpool pada musim 2012-2013. Hanya saja, Sahin masih berjuang memulihkan kebugarannya. Dia hanya berhasil mencetak tiga gol dan tiga assist dalam 12 pertandingan. Pada Januari 2013, Liverpool memutuskan untuk menghentikan peminjamannya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini