Pemkot Malang Izinkan Nonton Bareng Piala Menpora 2021, Asalkan.....

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 49 2371692 pemkot-malang-izinkan-nonton-bareng-piala-menpora-2021-asalkan-G6bV90NqPP.jpg Sutiaji, Wali Kota Malang. (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

MALANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memberikan izin nonton bareng (Nobar) turnamen Piala Menpora 2021, dengan syarat wajib. Nantinya, panitia atau penanggungjawab wajib meminta izin Satgas Penanganan Covid-19.

Wali Kota Malang, Sutiaji, mengungkapkan, pertandingan di lapangan memang digelar tanpa penonton karena adanya pandemi Covid-19. Karena itu, ia meminta masyarakat Kota Malang untuk melihat pertandingan melalui televisinya masing-masing. Namun, bila ada pelaksanaan nobar harus mengantongi izin dari penanggungjawab.

Arema FC

(Suasana latihan Arema FC jelang turun di Piala Menpora 2021)

"Kompetisi digelar tetapi tetap kan (protokol kesehatan) walaupun tanpa penonton. Tapi, kalau ada nonton bareng, protokol kesehatan tetap harus dipakai dan harus berizin. Sehingga kita nanti bisa memantau," ungkap Sutiaji ditemui di Balai Kota Malang, Rabu (3/3/2021).

Sutiaji menekankan, bila nobar harus dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan dan menjaga jumlah orang yang datang ke lokasi nobar. "Ya tentu harus izin tadi, protokol kesehatan harus dipakai, orang yang di sana (lokasi nobar) dipastikan tidak terpapar Covid-16," tambahnya.

Pria asal Lamongan ini mewanti-wanti Aremania -fans Arema FC- dan masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19. Apalagi, gelaran turnamen pramusim Piala Menpora 2021 berlangsung dalam suasana Pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Terkendala Aturan, Arema FC Kemungkinan Tak Gunakan Pelatih Asing di Piala Menpora 2021

"Semuanya kalau nobar harus melakukan protokoler, tempat duduknya harus diatur, jangan bergerumul, batasannya tetap ada, di ruang terbuka, kalau bisa jangan di ruang tertutup. Dipastikan protokol Covid-19, suhu badannya dan seterunya," lanjutnya.

Pernyataan di atas tidak sejalan dengan ucapan Menpora Zainudin Amali. Sebelumnya, Menpora melarang penyelenggaraan Nobar di luar rumah.

Menpora

(Menpora (kiri) melarang nobar Piala Menpora 2021)

"Ini sudah menjadi komitmen. Nobar tidak boleh kecuali di rumah sendiri bersama keluarga," ujar Zainudin dalam pertemuan virtual yang diikuti di Jakarta, Rabu 24 Februari 2021.

Sebagai informasi, turnamen pramusim Piala Menpora 2021 diikuti 18 tim, yang akan digelar pada 21 Maret sampai 25 April 2021. Pertandingan digelar di empat lokasi yang sudah ditentukan yakni Bandung, Sleman, Solo dan Malang di tadion Kanjuruhan). Arema FC juga turut serta dalam gelaran turnamen Piala Menpora kali ini.

Pertandingan digelar tanpa penonton untuk mematuhi protokol kesehatan selama Pandemi Covid-19. Penyelenggara juga berencana, klub asal kota lokasi pertandingan akan digelar di luar kandang. Salah satu tujuannya, untuk menghindari suporter tuan rumah datang ke sekitar stadion.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini