Buat Barcelona Kena Masalah, Bartomeu Harusnya Diusir dari Spanyol

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 46 2370844 buat-barcelona-kena-masalah-bartomeu-harusnya-diusir-dari-spanyol-ZfHvO34o0T.jpg Josep Maria Bartomeu (Foto: @jmbartomeu/Twitter)

BARCELONA – Mantan pemain Inter Milan, Daniele Adani, ikut memberikan komentar soal penangkatan eks Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Adani menilai bahwa pihak otoritas Spanyol seharusnya mengusir Bartomeu dari negaranya, lantaran tindakannya benar-benar tak termaafkan.

Sebagaimana diketahui, Bartomeu memang harus menerima kenyataan harus diamankan pihak berwajib Spanyol akibat dari skandal Barcagate. Ya, penangkapan Bartomeu dilakukan setelah pihak berwajib melakukan penggeladahan di kantornya.

Selain Bartomeu, terdapat tiga petinggi Barca yang juga ditangkap oleh pihak berwajib. Ketiga orang tersebut adalah CEO Barcelona, Oscar Grau, Kepala Urusan Legal, Roman Barcelona Gomez Ponti, dan pengacara Bartomeu, Jaume Masferrer.

Josep Maria Bartomeu

Sementara itu, skandal Barcagate sendiri memang sudah mencuat sejak Februari tahun lalu. Hal terungkap setelah media Spanyol, Cardena Ser, menyebut bahwa Bartomeu mengontrak konsultan media, I3 Ventures, sejak 2017.

Baca Juga: Penampakan Formasi Barcelona di Bawah Arahan Mikel Arteta, Ada 4 Pemain Baru

I3 Ventures diduga ditugasi Bartomeu yang saat itu memimpin Barca untuk menyerang pihak-pihak yang tak sejalan dengannya. Bahkan beberapa pemain Barca seperti Gerard Pique dan Sergio Busquets menjadi korban dari Bartomeu tersebut.

Awalnya tuduhan tersebut memang akhirnya tidak terbukti lantaran kurangnya bukti. Namun belakangan skandal Barcagate justru meluas setelah Bartomeu terbukti korupsi dengan melakukan memanipulasi laporan keuangan dengan menggelembungkan biaya jasa I3 Ventures hingga 600%.

Bahkan kasus tersebut pun memaksa Bartomeu mundur dari jabatannya sebagai Presiden Barca. Penangkapan Bartomeu itu pun mendapatkan respons dari Adani. Ya, Adani pun bahkan meminta pihak otoritas Spanyol mengusir Bartomeu dari negaranya, lantaran kesalahannya tak termaafkan.

“Dalam hidup, Anda bisa membayar mahal jika Anda bertindak dengan cara tertentu. Di level sepakbola, Barcelona telah membuat beberapa bencana nyata dalam 4-5 tahun terakhir,” jelas Adani, sebagaimana dilaporkan oleh Marca, Selalsa (2/3/2021).

Josep Maria Bartomeu dan Lionel Messi

“Barcelona terus membeli pemain dan pemain, memenuhi utang dan mendiskreditkan orang-orang seperti Messi dan Pique. Anda menabur angin, Anda menuai angin puyuh. Untungnya, keadilan mengambil jalannya sedikit lebih awal daripada di Italia,” lanjutnya.

Baca Juga: Skandal Barcagate, Calon Presiden Barcelona: Banyak Orang Ingin Sakiti Blaugrana

“Jika benar bahwa Bartomeu menggunakan media sosial untuk mendiskreditkan Messi dan Pique, dia harus dikeluarkan dari Spanyol. Tidak ada pengampunan baginya. Dia menginjak-injak seluruh orang,” tuntas pria berusia 46 tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini