Thiago Alcantara Salah Jalan, Harusnya Gabung Man United

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 45 2370966 thiago-alcantara-salah-jalan-harusnya-gabung-man-united-EtNWN9sJIs.jpg Thiago Alcantara (Foto: Reuters)

MANCHESTER – Legenda Manchester United, Paul Scholes, menilai Thiago Alcantara tidak cocok bermain di Liverpool. Karena terbukti sampai saat ini Thiago belum bisa menampilkan performa terbaiknya sebagaiman di Bayern Munich musim lalu.

Liverpool sejatinya bermain dengan formasi 4-3-3. Adapun Thiago kerap ditempatkan di sisi kiri dari tiga gelandang. Menurut Scholes, posisi tersebut tidak cocok untuk Thiago karena gelandang berpaspor Spanyol itu bukanlah tipe petarung.

Baca juga: Gara-Gara Covid-19, Liverpool Kehilangan Mohamed Salah Awal Musim Depan

Sebagaimana diketahui, Liverpool asuhan Jurgen Klopp menerapkan pressing tinggi. Para gelandang mereka pun dituntut untuk selalu berlari mencari bola. Sedangkan Thiago, dinilai lebih cocok untuk mengalirkan bola dari posisi yang lebih sentral dan tidak banyak bergerak.

Thiago Alcantara

Sederhananya, selama ini Klopp selalu mengandalkan gelandang-gelandang petarung seperti Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson, Fabinho, dan James Milner. Sementara itu, Thiago merupakan gelandang bertipe playmaker seperti Xabi Alonso.

Baca juga: Man United Tidak Diberi Penalti, Rio Ferdinand: Itu Memalukan!

“Cara Liverpool bermain dengan tiga gelandangnya di lini tengah, menurut saya dia (Thiago) tidak memiliki kaki yang bagus. Begitu Anda berada di posisi yang lebih luas dengan tiga gelandang, sangat sulit untuk bergerak di sekitar lapangan karena dia bukan tipe pemain seperti itu,” ujar Scholes, dilansir dari Goal, Selasa (2/3/2021).

"Dia hanya perlu duduk di tengah. Mengontrol banyak hal, membawa pemain ke dalam permainan dan itulah yang dia kuasai. Saya hanya ingin tahu apakah cara bermain yang dimainkan Liverpool ini cocok dengan gaya sepakbolanya (Thiago),” lanjut eks gelandang Timnas Inggris tersebut.

"Dia sepertinya bukan tipe pemain kesukaan Jurgen Klopp, kan? Anda silakan berpikir soal pemain di lini tengah yang dia miliki dan pemain depan. Semuanya bergerak 100 mil per jam,” jelasnya.

Scholes justru menilai Thiago Alcantara akan lebih cocok jika bermain di kubu Manchester United. Karena, Ole Gunnar Solskjaer menerapkan formasi 4-2-3-1.

Thiago Alcantara

Dalam formasi tersebut, Thiago bisa menempati posisi double pivot. Thiago pun bisa fokus melakukan tugasnya sebagai playmaker karena ia tidak dituntut untuk banyak bergerak sebagaimana di Liverpool.

“Saya pikir dia akan lebih cocok untuk tim Manchester United. Dengan menempati posisi salah satu double pivot, di mana dia bisa diam dan mengontrol permainan,” sebut Scholes.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini