Gol Tendangan Salto Olivier Giroud Berbuah Deretan Rekor

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 05:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 261 2367229 gol-tendangan-salto-olivier-giroud-berbuah-deretan-rekor-GMK32TMe1a.JPG Olivier Giroud melepaskan tendangan salto (Foto: Reuters/Octav Ganea)

BUCHAREST – Chelsea sukses membawa pulang kemenangan 1-0 atas Atletico Madrid pada leg I Babak 16 Besar Liga Champions 2020-2021, Rabu (24/2/2021) dini hari WIB. Kemenangan itu dipetik berkat gol tendangan salto Olivier Giroud (68’) yang kemudian memecahkan sejumlah rekor.

Meski menang, Chelsea tidak meraihnya dengan mudah. Pertahanan berlapis yang diterapkan Atletico Madrid menguji daya kreativitas Si Biru dalam menciptakan peluang. Babak pertama pun harus berakhir dengan skor 0-0.

Baca juga: Hasil Liga Champions Semalam: Bayern Cukur Lazio, Chelsea Jungkalkan Atletico

Ketika butuh mencetak gol, datanglah aksi mengagumkan dari Olivier Giroud. Penyerang gaek berpaspor Prancis itu sukses menjebol gawang Jan Oblak lewat tembakan salto di menit 68. Gol sempat diperdebatkan karena Giroud berada dalam posisi offside.

Tendangan salto Olivier Giroud (Foto: Reuters/Octav Ganea)

Namun, setelah dicek melalui VAR, bola ternyata terakhir kali disepak Mario Hermoso. Itu berarti Olivier Giroud onside dan wasit Felix Brych mengesahkan gol tersebut. Pemain berusia 34 tahun itu lantas menorehkan sejumlah catatan penting.

Baca juga: Berkat Tendangan Salto Giroud, Chelsea Tumbangkan Atletico Madrid 1-0

“Olivier Giroud mencetak enam gol dalam empat penampilan terakhir di Liga Champions. Jumlah yang sama dicetaknya dalam 16 penampilan di kompetisi ini. Enam golnya dalam semusim merupakan koleksi terbanyak sejauh ini,” cuit akun Twitter @OptaJoe, Rabu (24/2/2021).

“Olivier Giroud sudah mencetak 15 gol dari 16 kali kesempatan starter untuk Chelsea di kompetisi Liga Champions dan Liga Eropa,” lanjut Opta.

Tak hanya itu, Olivier Giroud juga tercatat sebagai pemain tertua yang mencetak gol di babak gugur Liga Champions untuk Chelsea. Ia turut menjadi orang tertua kedua yang menyumbang gol di fase gugur Liga Champions bagi kesebelasan asal Inggris.

“Olivier Giroud (34 tahun) menjadi pemain tertua yang mencetak gol di fase gugur Liga Champions untuk Chelsea, dan yang tertua bagi kesebelasan asal Inggris setelah Ryan Giggs (37 tahun) pada April 2011 vs Schalke,” kicau Opta Joe.

Suasana laga Atletico Madrid vs Chelsea di paruh pertama (Foto: Reuters/Octav Ganea)

Untuk sementara, Chelsea unggul 1-0 secara agregat atas Atletico Madrid. Kemenangan itu sungguh penting karena anak asuh Thomas Tuchel bakal memainkan leg kedua di kandang sendiri, Stadion Stamford Bridge, pada Kamis 18 Maret 2021 dini hari WIB.

Bagi Atletico Madrid, hasil tersebut merupakan sebuah kerugian. Sudah tidak bisa bermain di kandang sendiri, Los Colchoneros harus menelan kekalahan. Anak asuh Diego Simeone masih punya peluang lolos asalkan menang dengan selisih minimal dua gol di London.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini