Jenis Pelanggaran Sepakbola dan Penjelasannya, Apa Saja?

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 22 Februari 2021 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 51 2366423 jenis-pelanggaran-sepakbola-dan-penjelasannya-apa-saja-jgsxpLe6Ep.JPG AC Milan vs Juventus (Foto: Reuters)

JENIS pelanggaran dalam sepakbola ada banyak sekali macamnya. Sebagaimana olahraga lainnya, sepakbola juga memiliki peraturan yang harus dipatuhi agar permainan bisa berlangsung secara sehat dan sportif.

Dalam olahraga sepakbola pemain yang melakukan pelanggaran biasanya diberi hukuman berupa kartu kuning atau merah. Hal itu tergantung dari parah atau tidaknya pelanggaran yang dilakukan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa pelanggaran yang ada di dalam sepakbola.

Baca juga: Lionel Messi, Cristiano Ronaldo atau Bruno Fernandes Pencetak Gol Penalti Terbanyak?

1. Dangerous Play

Real Valladolid vs Real Madrid

Sebagaimana namanya, dangerous play merupakan jenis pelanggaran yang membahayakan pemain lawan. Misalnya, seseorang melakukan tekel keras ke kaki pemain lawan, maka orang tersebut dianggap melakukan pelanggaran. Karena, tekel tersebut berpotensi membuat lawan mengalami cedera.

Patut dicatat bahwa dalam sepakbola tekel hanya boleh dilakukan untuk merebut bola, bukan menerjang kaki lawan. Salah satu jenis tekel yang berbahaya adalah dengan menerjang bagian belakang kaki lawan. Pelanggaran jenis ini biasanya diberi hukuman kartu merah.

Baca juga: Juventus vs Crotone, Pirlo Harap Cristiano Ronaldo Cetak Gol Tendangan Bebas

2. Diving

Secara harfiah, diving berarti menyelam. Namun dalam sepakbola, diving di sini dimaksudkan kepada seseorang yang berpura-pura dilanggar agar mendapat keuntungan berupa tendangan bebas atau penalti.

Mengapa disebut diving? Karena biasanya orang yang berpura-pura dilanggar tersebut akan menjatuhkan badannya sendiri ke lapangan. Jadi, seperti seolah-olah pemain tersebut sedang menyelam.

3. Off-side

Off-side merupakan salah satu jenis pelanggaran yang paling sering terjadi dalam permainan sepakbola. Adapun yang dimaksud dengan off-side adalah jika seorang pemain menerima bola dari rekan setimnya, namun pemain tersebut sudah melewati baris pertahanan terakhir lawan (hanya tinggal berhadapan dengan kiper).

4. Handsball

Man City vs Liverpool

Sepakbola adalah olahraga yang dilakukan dengan menggunakan kaki. Hanya kiper yang memiliki keistimewaan untuk menggunakan tangannya memainkan bola. Maka dari itu, jika ada pemain (bukan kiper) yang kedapatan menggunakan tangannya dalam menerima bola, mencetak gol, maupun memberikan operan, maka pemain tersebut dinyatakan melakukan handsball.

Kiper sendiri sebenarnya bisa saja melakukan handsball. Seandainya kiper menggunakan tangannya dalam mengolah bola di luar area kotak penalti timnya, maka kiper tersebut juga disebut melakukan handsball.

5. Mengulur waktu

Untuk mempertahankan keunggulan (supaya tidak kejebolan) terkadang seorang pemain mengulur-ulur waktu supaya pertandingan bisa segera berakhir. Biasanya hal ini dilakukan oleh kiper yang hendak melakukan tendangan gawang atau pemain yang melakukan lemparan ke dalam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini