5 Pesepakbola yang Bela Banyak Klub, Nomor 1 Tembus 13 Tim

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 51 2354694 5-pesepakbola-yang-bela-banyak-klub-nomor-1-tembus-13-tim-jUSPOs6Lar.jpg Zlatan Ibrahimovic (Foto: Ciro De Luca/REUTERS)

DALAM sepakbola modern seperti pada saat ini, perpindahan pemain dari satu klub ke klub lain memang bukanlah hal aneh terjadi. Meski tidak sedikit juga pemain yang memilih untuk tetap setia dengan satu klub yang dibelanya sejak awal kariernya.

Beberapa alasan menjadi penyebab utama para pesepakbola memutuskan untuk pindah ke klub lain. Namun bagaimana jadinya apabila terdapat beberapa pemain yang justru terlalu sering berpindah-pindag klub.

Setidaknya ada lima pesepakbola profesional yang membela banyak klub sepanjang sejarah. Berikut lima pesepakbola yang telah membela banyak klub sepanjang parjalanan kariernya:

5. Zlatan Ibrahimovic (9 Klub)

Zlatan Ibrahimovic

Ibrahimovic memang disebut-sebut sebagai salah satu penyerang terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepakbola. Dengan postur tinggi dan didukung kemampuan individu di atas rata-rata membuat Ibrahimovic jadi penyerang yang disegani.

Meski begitu, Ibrahimovic juga dikenal sebagai salah satu pemain yang tidak pernah lama membela sebuah tim. Ya, Ibrahimovic terhitung sudah membela 9 klub berbeda sepanjang karier profesional, yang mana di antaranya adalah Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, dan Manchester United.

4. Romario (11 Klub)

Romario

Romario adalah salah penyerang terbaik yang pernah dimiliki oleh sepakbola Brasil. Ya, Romario jugalah yang berhasil membawa tim nasional (Timnas) Brasil berada di podium juara kala tampil di gelaran Piala Dunia 1994 Amerika Serikat.

Romario mungkin memang salah satu pemain terbaik di dunia yang pernah ada. Namun untuk hal loyalitas, Romario nampaknya tak bisa diperhitungkan. Sebab Romario terhitung pernah 11 klub berbeda sepanjang kariernya.

3. Rivaldo (12 Klub)

Rivaldo

Bagi Anda pecinta sepakbola, nama Rivaldo memang tidak asing terdengar. Terlebih sepanjang perjalanan karier Rivaldo sebagai pesepakbola profesional, ia memang merupakan salah satu gelandang serang terbaik di dunia.

Selain prestasi, Rivaldo juga terkenal dengan sebutan pemain ‘kutu loncat’ lantaran sering berpindah-pindah klub. Terhitung pria asal Brasil itu sudah bermain di 12 klub berbeda sepanjang kariernya yang di antaranya Corinthians, Barcelona, AC Milan, Olympiakos, hingga pensiun di Mogi Mirim.

2. Nicolas Anelka (12 Klub)

Nicolas Anelka

Nama Anelka pertama kali dikenal oleh pecinta sepakbola ketika membela Arsenal. Ya, pada saat itu, Anelka disebut-sebut sebagai salah satu penyerang muda dengan masa depan cerah. Namun siapa sangka hal itu jadi awal untuk Anelka dijuluki pemain ‘kutu loncat’.

Pasalnya semenjak saat itu, Anelka pun terhitung membela 10 klub berbeda di sepanjang kariernya. Ke-10 klub itu di antaranya adalah Liverpool, Manchester City, Bolton Wanderers, Chelsea, Shanghai Shenhua, Juventus, West Bromwich Albion, hingga Mumbai FC.

1. Samuel Eto’o (13 Klub)

Samuel Etoo

Eto’o bisa dikatakan sebagai salah satu pesepakbola asal Afrika tersukses yang pernah hadir dalan sejarah sepakbola. Pasalnya, Eto’o memang bisa dibilang jaminan prestasi bagi setiap klub yang dibelanya.

Dengan fakta itu, wajar jika Eto’o pun akhirnya direkrut oleh banyak klub yang tersebar di Eropa. Terhitung 13 klub pernah dibela Eto’o yang di antaranya adalah Real Madrid, Real Mallorca, Barcelona, Inter Milan, Anzhi Makhachkala, Chelsea, Everton, hingga Antalyaspor.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini