Share

Arsenal Bungkam Newcastle Tiga Gol Tanpa Balas

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 04:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 45 2346717 arsenal-bungkam-newcastle-tiga-gol-tanpa-balas-RNIoPYIagD.jpg Arsenal vs Newcastle United (Foto: Shaun Botterill/REUTERS)

LONDON – Arsenal menjalani lanjutan Liga Inggris musim 2020-2021 dengan menjamu Newcastle United di Emirates Stadium, Selasa (19/1/2021) dini hari WIB. Tampil menekan, Arsenal berhasil menutup laga kontra Newcastle dengan kemenangan 3-0.

Berkat kemenangan ini, Arsenal berhasil memperbaiki posisi mereka pada klasemen sementara Liga Inggris 2020-2021. Kini skuad The Gunners –julukan Arsenal– menempati posisi ke-10 dengan raihan 27 poin dari 19 pertandingan yang sudah mereka mainkan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Arsenal yang berstatus sebagai tim tuan rumah langsung tampil menekan di menit-menit awal laga kontra Newcastle. Bahkan Arsenal hampir unggul cepat, andaikan sontekan yang dilepaskan oleh Pierre-Emerick Aubameyang mampu jadi gol.

Tidak berselang lama, Aubameyang kembali mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol sekaligus membawa Arsenal membuka keunggulan atas Newcastle. Namun sontekan Aubameyang dari dalam kotak penalti Newcastle masih membentur tiang gawang.

Pada menit ke-24, giliran Newcastle yang mendapatkan peluang perdana mereka di pertandingan ini. Ya, Newcastle hampir saja mencuri keunggulan atas Arsenal melalui tembakan Miguel Almiron. Namun tembakan Almiron masih belum tepat sasaran.

Arsenal vs Newcastle

Berjarak 8 menit, Arsenal kembali gagal memaksimalkan peluang emas yang mereka dapatkan. Kali ini giliran Alexandre Lacazette yang tidak mampu memanfaatkan kans yang didapatkannya jadi gol, setelah tembakannya masih mudah diamankan kiper Newcastle, Karl Darlow.

Memasuki 5 menit jelang babak pertama usai, Newcastle hampir saja mencetak gol ke gawang Arsenal melalui aksi dari Callum Wilson. Akan tetapi tembakan yang dilepaskan mantan pemain Bournemouth itu masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Arsenal.

Di pengujung babak pertama, Aubameyang kembali hampir mencatatkan namanya di papan skor. Namun tembakannya yang sempat mengenai pemain Newcastle masih berhasil ditepis oleh Darlow. Hingga 45 menit pertama usai, kedudukan 0-0 masih menghiasi papan skor laga Arsenal vs Newcastle.

Babak Kedua

Arsenal yang butuh kemenangan langsung tampil menekan di babak kedua laga kontra Newcastle. Alhasil babak kedua baru berjalan 5 menit, Arsenal berhasil membuka keunggulan mereka atas tim tamu melalui sontekan Aubameyang.

Tersentak oleh gol Arsenal, membuat Newcastle pun mengubah gaya bermain mereka jadi lebih menyerang. Hal tersebut pun membuat Newcastle memiliki beberapa kans untuk bisa menyamakan kedudukan. Namun penyelesaian akhir yang buruk memaksa sejumlah kans mereka gagal jadi gol.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Newcastle justru harus melihat gawang mereka kembali dibobol oleh Arsenal. Adalah Bukayo Saka kini yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor, usai tembakannya yang meneruskan umpan Emile Smith-Rowe gagal diantisipasi oleh Darlow. Arsenal 2-0 Newcastle.

Arsenal vs Newcastle

Pada menit ke-77, Arsenal berhasil kembali menambah keunggulan mereka atas Newcastle jadi 3-0 melalui catatan brace Aubameyang. Ya, Aubameyang berhasil kembali mencetak, usai sontekannya yang meneruskan umpan Cedric Soares meluncur deras ke dalam gawang Newcastle.

Di pengujung pertandingan, Arsenal hampir saja mencetak gol keempat mereka di pertandingan ini. Namun upaya Arsenal melalui sundulan David Luiz yang meneruskan sepak pojok Willian Borges masih gagal tepat sasaran.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Kubu tuan rumah, Arsenal, berhasil menyelesaikan laga melawan tamunya, Newcastle, dengan kemenangan 3-0.

Susunan Pemain

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Cedric Soares, Rob Holding, David Luiz, Kieran Tierney; Thomas Partey (Mohamed Elneny 67’), Granit Xhaka; Bukayo Saka, Emile Smith-Rowe (Gabriel Martinelli 82’), Pierre-Emerick Aubameyang (Willian Borges 79’); Alexandre Lacazette.

Pelatih: Mikel Arteta

Newcastle (4-4-2): Karl Darlow; Emil Krafth, Jamaal Lascelles, Ciaran Clark, Jamal Lewis; Miguel Almiron (Elliot Anderson 87’), Matty Longstaff (Jeff Hendrick 68’), Jonjo Shelvey, Joelinton; Callum Wilson, Andy Carroll (Jacob Murphy 69’).

Pelatih: Steve Bruce

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini