Juventus Tak Perlu Gentar dengan Permainan Agresif Inter Milan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 17 47 2345926 juventus-tak-perlu-gentar-dengan-permainan-agresif-inter-milan-fCJI4oZXXZ.jpg Inter Milan kerap bermain agresif (Foto: Inter Milan)

TURIN – Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, mengimbau anak asuhnya untuk tidak takut menghadapi permainan agresif yang ditunjukkan calon lawannya, Inter Milan. Si Nyonya Tua diminta tetap menunjukkan ciri khasnya, yakni permainan menyerang, sembari merancang cara meredam lawan.

Gaya bermain menekan yang agresif sudah menjadi ciri khas Inter Milan dalam dua musim terakhir. Perubahan gaya bermain itu dibawa oleh Pelatih Antonio Conte sejak musim panas 2019. Mereka bahkan menjadi tim tersubur di Liga Italia 2020-2021 dengan memasukkan 43 gol.

Ide sepakbola serupa coba ditanamkan Andrea Pirlo bersama Juventus. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan perlahan mulai menyerap apa yang diinginkan sang pelatih. Hasilnya, Si Nyonya Tua kini mulai merangsek ke papan atas setelah sempat terseok-seok.

Baca juga: Inter Milan vs Juventus, Andrea Pirlo Siap Musuhi Antonio Conte

Inter Milan kerap bermain agresif (Foto: Reuters)

Permainan sepakbola menyerang itu kini mendapat ujian dalam bentuk Inter Milan. Menjelang laga akbar itu, Andrea Pirlo mengingatkan anak asuhnya untuk tampil gagah berani. Bianconeri harus mampu bermain tanpa takut mendapat tekanan dari tuan rumah.

“Saya cukup yakin kita akan melihat permainan agresif Inter Milan yang ingin mengendalikan tempo permainan. Namun, kami adalah Juventus. Jadi, kami akan pergi ke San Siro (Giuseppe Meazza) dengan gaya sepakbola sendiri, yang bebas dari tekanan,” ucap Andrea Pirlo, dinukil dari Football Italia, Minggu (17/1/2021).

“Kami tidak perlu takut, bahkan dalam pertandingan penting seperti ini. Kami harus membebaskan pikiran. Kami adalah Juventus dan harusnya terbiasa dengan tekanan dari pihak lain,” sambung pelatih berkebangsaan Italia itu.

Salah satu faktor yang mampu membuat Inter Milan bermain menekan dan agresif adalah kecepatan Achraf Hakimi di sisi kanan. Pemain berkebangsaan Maroko itu cukup sulit dibendung belakangan ini. Lantas, apa yang ada di pikiran Andrea Pirlo?

“Kami sudah mempelajari beberapa alternatif taktik. Kami punya Weston McKennie, Aaron Ramsey, dan Giorgio Chiellini juga sudah mulai berlatih dengan baik. Mari kita lihat saja,” tukas Andrea Pirlo.

Kecepatan Achraf Hakimi mampu merepotkan (Foto: Reuters/Daniele Mascolo)

Sisi kiri Juventus memang harus sebisa mungkin meredam kecepatan Achraf Hakimi bila ingin membuat serangan Inter Milan macet. Celakanya, mereka tak bisa menurunkan Alex Sandro yang menepi akibat Covid-19. Otomatis, yang bisa dilakukan adalah memplot seorang gelandang yang bermain melebar guna melapisi bek kiri muda Gianluca Frabotta.

Patut dinanti seperti taktik apa yang akan dimainkan seorang Andrea Pirlo. Karena itu, laga antara Inter Milan vs Juventus sungguh pantang Anda lewatkan. Apalagi, RCTI+ akan menyiarkan pertandingan seru itu via live streaming pada Senin 18 Januari 2021 mulai pukul 02.00 WIB. Caranya cukup mudah, Anda tinggal klik di sini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini