5 Hattrick Cristiano Ronaldo yang Ubah Sejarah Sepakbola

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 51 2344356 5-hattrick-cristiano-ronaldo-yang-ubah-sejarah-sepakbola-Dukt6o4vwM.JPG Cristiano Ronaldo rajin mencetak hattrick (Foto: Reuters/Rafael Merchante)

TRIGOL atau hattrick cukup lekat dengan seorang Cristiano Ronaldo. Sepanjang karier profesionalnya, mulai dari Manchester United, Real Madrid, Juventus, hingga Tim Nasional (Timnas) Portugal, CR7 minimal satu kali mencetak hattrick ke gawang lawan.

Sejak mencuat pertama kali pada 2003 hingga detik ini, Cristiano Ronaldo sudah mengemas total 56 hattrick bagi klub dan tim nasional. Beberapa hattrick bahkan menjadi pengubah sejarah sepakbola.

Berikut deretan hattrick Cristiano Ronaldo yang mengubah sejarah sepakbola, disadur dari Sportskeeda, Kamis (14/1/2021).

Baca juga: 5 Alasan Juventus Juara Liga Italia 2020-2021, Nomor 2 Andalkan Tuah Cristiano Ronaldo

5. Hattrick ke gawang Swedia (19 November 2013)

Ada masanya Cristiano Ronaldo begitu tidak disukai sebagian besar penikmat sepakbola. Bahkan, eks Presiden FIFA Sepp Blatter terang-terangan lebih menuding Cristiano Ronaldo lebih banyak menghabiskan waktu di bar.

Cristiano Ronaldo jagoan di Timnas Portugal

Jawaban yang diberikan Cristiano Ronaldo sangat berkelas. Ia mencetak hattrick ke gawang Swedia untuk mengantar Portugal menang 3-2 sekaligus lolos ke Piala Dunia 2014. FIFA lantas mengundur tenggat pemungutan suara untuk Ballon dOr dan Cristiano Ronaldo menjadi pemenangnya.

4. Hattrick ke gawang Wolfsburg (12 April 2016)

Pada leg pertama Perempatfinal Liga Champions 2015-2016, Wolfsburg sukses mengejutkan dunia. Real Madrid ditekuk 2-0 di Jerman. Banyak yang meyakini, Los Blancos akan tersingkir. Tidak demikian halnya bagi Cristiano Ronaldo.

Pesepakbola asal Portugal itu lantas mencetak hattrick untuk membalikkan agregat menjadi 3-2. Real Madrid kemudian melaju hingga final dan merengkuh titel Liga Champions ke-11 di akhir musim. Bahkan, Real Madrid mampu memenangi gelar itu tiga kali beruntun.

3. Hattrick ke gawang Bayern Munich (18 April 2017)

Sebuah penampilan gemilang ditunjukkan kala membawa Real Madrid menyingkirkan Bayern Munich di Perempatfinal Liga Champions 2016-2017. Madrid yang kala itu hanya butuh hasil imbang 1-1 untuk lolos, ternyata harus melewati perpanjangan waktu gara-gara skor 2-2 sepanjang 90 menit.

Kedua gol itu disarangkan Cristiano Ronaldo. Ketika memasuki babak tambahan, ia menggenapinya menjadi hattrick. Trigol itu membawa CR7 sebagai orang pertama yang mengemas 100 gol di Liga Champions.

Cristiano Ronaldo jagoan di Liga Champions

2. Hattrick ke gawang Atletico Madrid (2 Mei 2017)

Setelah mencetak hattrick ke gawang Bayern Munich, Cristiano Ronaldo kembali melanjutkan performa gemilangnya di babak semifinal. Kali ini, Atletico Madrid menjadi korban pada leg pertama babak semifinal Liga Champions 2016-2017.

Ronaldo mengantar Real Madrid menang 3-0 di Stadion Santiago Bernabeu. Catatan sejarah apa yang diubah? Ia menjadi pemain pertama yang mengemas hattrick secara beruntun di Liga Champions!

1. Hattrick ke gawang Swiss (5 Juni 2019)

Portugal sungguh beruntung memiliki seorang Cristiano Ronaldo. Setelah mengantar Seleccao das Quinas meraih Piala Eropa 2016, gelar kedua pun dipersembahkan. Kali ini, gelar tersebut adalah UEFA Nations League A pada 2019.

Cristiano Ronaldo sukses bawa Portugal juara

Peran besar Cristiano Ronaldo terlihat pada babak semifinal. Swiss dilibas dengan skor 3-1 pada 5 Juni 2019. Seluruh gol diboyong Ronaldo guna mengantar Portugal ke Final UEFA Nations League A melawan Belanda.

Gol tunggal Goncalo Guedes di final memang sukses mengalahkan Belanda. Namun, tanpa peran besar Cristiano Ronaldo di babak semifinal, mustahil Portugal bisa melangkah ke partai puncak dan menjadi juara.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini