Menpora Nantikan Keputusan PSSI Terkait Nasib Liga 1

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 49 2339171 menpora-nantikan-keputusan-pssi-terkait-nasib-liga-1-WvAJt858Rv.jpg Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Menpora, Zainuddin Amali (Foto: Laman resmi PSSI)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengaku menantikan keputusan PSSI terkait nasib Liga 1 musim 2020. Ia mengatakan bahwa Kemenpora akan mendukung apa pun keputusan PSSI untuk mengatasi kompetisi yang tengah menggantung tersebut.

Akan tetapi, Zainudin juga tidak bisa memastikan jika PSSI memutuskan untuk melanjutkan Liga 1 2020 pada 2021 akan terlaksana atau tidak. Sebab pada akhirnya keputusan final aakan ditentukan oleh pihak kepolisian untuk mendapatkan izin keramaian.

Zainudin Amali

“Saya mendapat informasi bahwa PSSI akan segera rapat di internal mereka. Kita tunggu saja laporannya seperti apa soal pelaksanaan itu,” ungkap Zainudin, dalam konferensi pers pada Selasa (5/1/2021).

“Kita berusaha memberkan dorongan dan dukungan, tetapi ketika sudah menyangkut izin keramaian itu sudah bukan di wilayah kita,” tambahnya.

Baca juga Menpora Angkat Bicara Soal Nasib Kelanjutan Liga 1

“Kita meyakini pihak Polri yang punya kewenangan pasti punya alasan kenapa izin keramaian itu belum diberikan,” lanjutnya.

Sebelumnya pihak PSSI akan berencana untuk menggelar rapat dengan agenda pembasahan nasib Liga 1 dan Liga 2 2020. Sejauh ini, PSSI beserta operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah bersepakat untuk melanjutkan liga pada Februari 2021.

Akan tetapi, keputusan tersebut akan dimatangkan kembali mengingat mereka belum memiliki izin dari pihak kepolisian. Alhasil, pembicaraan lebih lanjut harus dilakukan kembali oleh PSSI yang rencananya dilaksanakan pada Januari 2021.

Menpora sendiri juga tidak bisa berbicara banyak andai nantinya penyelenggaraan Liga 1 masih belum mendapatkan izin. Sebab, kepolisian adalah pihak yang berwenang untuk menentukan setiap kegiatan, terlebih adanya pandemi Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia.

Zainudin Amali

“Kemenpora memang tidak dalam wilayah memberikan izin keramaian. Masalahnya sekarang pandeminya masih cukup tinggi dan tentu ada pertimbangan-pertimbangan dari pihak kepolisian untuk memberikan izin keramaian bagi suatu kegiatan,” lanjutnya Zainudin.

“Saya kira bukan untuk sepakbola saja, tetapi kegiatan apa saja. Kalau sudah masuk ke wilayah itu, keputusan terakhir ada di pihak Polri yang punya kewenangan untuk memberi izin keramaian itu karena ada banyak pertimbangan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini