Menpora Angkat Bicara Soal Nasib Kelanjutan Liga 1

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 49 2339062 menpora-angkat-bicara-soal-nasib-kelanjutan-liga-1-uEXQpCvDdu.jpg Liga 1 2020 (Foto: Laman resmi PSSI)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, memberikan tanggapannya terkait nasib kelanjutan Liga 1 2020 yang masih menggantung. Menurutnya, Kemenpora memberikan dukungan agar kompetisi bisa berlanjut kembali sesuai dengan protokol kesehatan.

Namun, Zainudin juga tetap menegaskan bahwa keputusan akhi bukan ada pada Kemenpora selaku pemerintah. Tetapi, pihak kepolisian yang nantinya akan berwenang dalam memberikan izin tentang penyelenggaraan Liga 1 musim 2020.

Zainudin Amali

Pasalnya sejauh ini izin tentang penyelenggaraan kompetisi Liga 1 2020 selau terganjal dari pihak kepolisian. Tidak adanya izin keramaian yang dikeluarkan oleh kepolisian membuat ajang sepakbola terbesar di Indonesia itu seperti mati suri.

“Itu (kapan penyelenggaraan kompetisi sepakbola Indonesia bergulir lagi) ranahnya PSSI dan pihak pengeolala, yaitu LIB. Namun, pemerintah tetap memberikan dukungan atas penyelenggaraan itu dengan protokol kesehatan yang ketat,” ungkap Zainudin dalam konferensi pers pada Selasa (5/1/2021).

Baca juga PSSI Akan Segera Tentukan Nasib Liga 1 dan Liga 2 2020

“Tetapi, Kemenpora memang tidak dalam wilayah memberikan izin keramaian. Masalahnya sekarang pandeminya masih cukup tinggi dan tentu ada pertimbangan-pertimbangan dari pihak kepolisian untuk memberikan izin keramaian bagi suatu kegiatan,”

Seperti diketahui kompetisi Liga 1 musim 2020 sempat tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Meski sempat mencoba untuk menggulirkan kembali kompetisi pada Oktober 2020, sayangnya hal itu kembali tertunda akibat tidak adanya izin keramaian dari pihak kepolisian.

Meski begitu, Zainudin mencoba menengahi situasi tersebut karena hal ini tidak hanya terjadi dalam sepakbola saja. Sebab beberapa kegiatan harus mengalami penundaan karena kekhawatiran adanya risiko penyebaran Covid-19.

“Saya kira bukan untuk sepakbola saja, tetapi kegiatan apa saja. Kalau sudah masuk ke wilayah itu, keputusan terakhir ada di pihak Polri yang punya kewenangan untuk memberi izin keramaian itu karena ada banyak pertimbangan,” sambungnya.

Zainudin Amali

“Tetapi, kita berharap bahwa pandemi ini berakhir sehingga kita bisa melihat lagi pertandingan,” lanjutnya.

Namun begitu, ajang Liga 1 sendiri sudah akan menerapkan berbagai protokol kesehatan termasuk dengan menggelar laga tanpa adanya penonton. Akan tetapi, pihak kepolisian masih belum bisa memberikan izin terkait gelaran Liga 1.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini