Liga Indonesia Dianggap Terbaik di ASEAN

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 49 2334801 liga-indonesia-dianggap-terbaik-di-asean-j3oM87zw33.JPG Raja Isa. (Foto/PSPS Riau)

KUALA LUMPUR Liga sepakbola Indonesia dianggap yang terbaik di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Pernyataan ini disampaikan oleh pelatih sepakbola asal Malaysia, Raja Isa.

Raja Isa merupakan pelatih PSPS Riau yang berkompetisi di Liga 2 2020. Namun, karena ketidakjelasan kelanjutan kompetisi, membuatnya hengkang ke Bangladesh untuk mengasuh klub KC Muktijoddha Sangsad.

“Manajemen PSPS mendukung langkah saya. Pasalnya, kondisi Liga Indonesia saat ini tidak jelas. Saya dan manajemen PSPS tidak ada masalah,” kata pelatih berusia 54 tahun itu seperti dikutip Vocket FC, Senin (28/12/2020).

Foto/Instagram

Raja Isa sudah memiliki pengalaman melimpah melatih tim-tim Indonesia. Ia pernah menjadi asisten pelatih di Persipura Jayapura (2007-2008). Bahkan membawa Tim Mutiara Hitam melaju ke Copa Indonesia, sebelum dikalahkan Sriwijaya FC di babak adu penalti.

Tahun berikutnya, Raja Isa mengasuh klub klub asal Sulawesi Selatan, PSM Makassar dan sempat melatih PSMS Medan (2011-2012). Dia sempat kembali ke Malaysia untuk melatih UiTM FC (2015-2016), namun Raja Isa kembali ke Indonesia untuk melatih Persekam Metro FC Malang dan pindah mengasuh Persikabo Bogor.

Musim lalu, Raja Isa menjadi pelatih PSPS Riau. Namun situasi Liga 2 yang masih belum jelas membuat dia memutuskan pindah ke tempat baru.

Raja Isa juga telah mengunjungi semua negara di Asia Tenggara, termasuk negaranya sendiri, Malaysia. Namun, ia mengaku tidak menemukan fanatisme sepakbola seperti di Indonesia.

“Saya sudah lama tinggal di Indonesia dan sudah mengunjungi semua negara di Asia Tenggara. Bagi saya, Liga Indonesia masih menjadi yang terbaik di ASEAN,” ujarnya.

“Di sini, masyarakat memiliki kegemaran sepakbola, seperti kecintaan pada sepakbola tumbuh sejak mereka masih kecil,” lanjut dia.

Raja Isa kini telah menandatangani kontrak 1 tahun dengan klub KC Muktijoddha Sangsad. Dia merupakan pelatih pertama dari Malaysia yang menjalankan klub Bangladesh.

“Benar, saya punya kesepakatan dengan klub Bangladesh, Muktijoddha Sangsad KC. Saya dikontrak selama 1 musim. Saya akan pergi pada 27 Desember,” kata Raja Isa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini