Share

Cristiano Ronaldo Bocorkan Rahasia Tetap Tampil Hebat meski Sudah Tua

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 47 2328186 cristiano-ronaldo-bocorkan-rahasia-tetap-tampil-hebat-meski-sudah-tua-iJJxyTHHMO.JPG Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo. (Foto: Reuters)

TURIN โ€“ Cristiano Ronaldo pada 5 Februari 2021 mendatang akan genap berusia 36 tahun. Meski sudah terbilang cukup tua untuk di dunia sepakbola, namun nyatanya sampai saat ini Ronaldo tak terlihat seperti sedang mengalami penurunan performa.

Pemain Juventus itu masih terlihat baik-baik saja. Bahkan bisa dikatakan performanya jauh melebihi para pemain yang lebih muda darinya. Ternyata, untuk bisa bermain sebaik itu, Ronaldo memiliki sebuah rahasia.

Menurut Ronaldo, hal yang terpenting adalah cara berpikirnya. Ia selalu termotivasi untuk bermain baik, sebab itulah ia terus berusaha keras disetiap pertandingannya. Agar usahanya bisa jauh lebih mudah, ia pun berlatih.

Baca Juga: Sebelum Gabung Man United, Cristiano Ronaldo Tak Kenal yang Namanya Internet

Cristiano Ronaldo

Dengan latihan maka tubuhnya akan jauh lebih baik. Jadi, motivasi untuk bisa tampil baik terus menerus adalah hal yang terpenting. Pengalaman pun dibutuhkan untuk bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Baca Juga: Ternyata Ada 3 Skuad Ballon dOr Dream Team, Siapa Saja Pemainnya?

Bila motivasi dan pengalaman bisa dimaksimalkan, maka Ronaldo yakin umur bukanlah suatu masalah. Ia sudah membuktikan di usianya yang sudah 35 tahun itu mampu bersaing dengan para pemain yang jauh lebih muda darinya.

Bahkan saat ini saja di Liga Italia 2020-2021, Ronaldo bersama Zlatan Ibrahimovic sedang memimpin top skor kompetisi tersebut dengan 10 gol.

โ€œMusim panas lalu, saya mengobrol dengan Anthony Joshua (petinju dunia). Pada usia 33 tahun Anda mulai berpikir bahwa kaki Anda mulai melemah,โ€ jelas Cristano Ronaldo, seperti yang diwartakan Marca, Selasa (15/12/2020).

โ€œAkan tetapi, saya ingin tetap dalam olahraga, dalam sepakbola. Orang-orang yang melihat saya mungkin akan berkata: 'Cristiano adalah pemain luar biasa tetapi sekarang dia lambat'. Tentunya saya tidak mau mendengar hal tersebut,โ€ tambahnya.

Cristiano Ronaldo dan Messi

โ€œAnda dapat mengubah banyak hal pada tubuh Anda, tetapi masalahnya bukan itu. Itu tergantung pada pola pikir Anda, motivasi Anda dan pengalaman Anda, yang menurut saya adalah hal yang paling kompleks,โ€ sambungnya.

"Dalam olahraga, Anda bisa menjadi dewasa. Lihatlah (Roger) Federer di tenis, dia berusia 37 atau 38 tahun dan dia nyatanya masih berada di puncak kariernya, dan hal serupa juga terjadi di tinju,โ€ pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini