Calon Lawan Barcelona di 16 Besar Liga Champions, Dibantai Lagi?

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 261 2327136 calon-lawan-barcelona-di-16-besar-liga-champions-dibantai-lagi-bkClpf9iiz.jpg Barcelona vs Bayern Munich (Foto: Twitter Bayern Munich)

NYON – Hari ini, Senin (14/12/2020) pukul 18.00 WIB pengundian babak 16 besar Liga Champions bakal dilangsungkan. Adapun salah satu yang menarik perhatian adalah melihat calon lawan Barcelona.

Barca sejatinya menyelesaikan Grup G dengan menjadi runner-up. Pada matchday terakhir, tim besutan Ronald Koeman itu dilibas Juventus dengan skor telak 0-3. Maka dari itu, Barca kalah head to head dari Juve meski mereka memiliki poin yang sama 15.

Pada pertemuan pertama kedua tim, yakni di matchday kedua fase grup, Barca pasalnya hanya menang 2-0 atas Juve. Tak ayal, kini ketika mereka harus tampil sebagai runner-up Grup G, kondisi ini sebenarnya sedikit merugikan Blaugrana.

Baca juga: Bicara Kekuatan Wakil Inggris, Ferdinand Jagokan Chelsea di Liga Champions 2020-2021

Barca vs Juve

Barca kini harus bertemu dengan lawan-lawan tangguh, yang sejatinya merupakan pemuncak klasemen di grup lain. Tercatat ada enam tim yang kemungkinan menjadi lawan Barca. Mereka adalah Manchester City, Bayern Munich, Liverpool, Borussia Dortmund, Paris Saint-Germain (PSG), dan Chelsea.

Juventus dan Real Madrid sebenarnya juga tampil sebagai juara grup. Akan tetapi, Blaugrana dipastikan tak akan bertemu mereka di 16 besar. Karena berdasarkan peraturan UEFA, di babak 16 besar, sebuah tim tak bisa bertanding melawan tim lain yang berasal dari satu negara maupun yang pernah satu grup sebelumnya.

Jika melihat dari calon lawan yang tersedia, bisa dibilang tantangan paling besar adalah jika Barca bertemu dengan Bayern Munich. Selain status Bayern yang merupakan juara bertahan, Blaugrana juga punya kenangan buruk dengan Die Roten musim lalu.

Di ajang Liga Champions 2019-2020, Barca bersua Bayern di babak perempatfinal. Hasilnya, Barca pun dibantai dengan skor menyakitkan 2-8. Akibat dari kekalahan besar tersebut, Quique Setien yang menjadi pelatih Barca kala itu pun harus dipecat.

Selain Bayern Munich, calon lawan lainnya yang harus diwaspadai Barca adalah Liverpool. Karena, Blaugrana juga pernah dibuat sakit hati oleh tim berjuluk The Reds tersebut. Hal ini terjadi pada musim 2018-2019.

Liverpool vs Barcelona

Ketika itu Barca dan Liverpool saling berhadapan di babak semifinal. Pada leg pertama yang berlangsung di Camp Nou, Barca mampu menang meyakinkan 3-0. Akan tetapi, saat leg kedua di Anfield, mereka justru dihajar empat gol tanpa balas.

Barca sendiri seperti sudah kehilangan tajinya di pentas Liga Champions. Sejak terakhir kali menjuarai kompetisi tersebut di musim 2014-2015, Blaugrana tak pernah lagi tampil di partai final. Maka dari itu, menarik untuk dinanti apakah musim ini Barca mampu meraih kejayaan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini