Terdepak dari Kompetisi Eropa, Conte Bikin Inter Kehilangan Rp1,9 Triliun

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 07:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 261 2325582 terdepak-dari-kompetisi-eropa-conte-bikin-inter-kehilangan-rp1-9-triliun-FZmrTK3qsJ.jpg Pelatih Inter Milan, Antonio Conte, memimpin latihan (Foto: UEFA)

MILAN – Inter Milan harus mengakhiri petualangan mereka di kompetisi Eropa lebih cepat. Pasalnya, klub berjuluk Nerazzurri itu hanya bisa menjadi juru kunci Grup B Liga Champions 2020-2021, sehingga tak bisas lolos ke babak 16 besar.

Gugurnya Inter ini tentunya mencoreng nama mereka sendiri. Sebab, sepanjang sejarah klub, ini pertama kalinya Inter finis di posisi terbawah dalam fase grup Liga Champions. Tak ayal, Pelatih Inter, Antonio Conte pun menjadi sorotan.

Namun, tidak hanya itu. Secara finansial, Inter juga kehilangan banyak uang karena kegagalan ini. Pasalnya, jika Nerazzurri mampu lolos ke babak 16 besar, mereka akan mendapat uang hadiah sebesar 9,5 juta euro atau sekira Rp162,8 miliar.

Baca juga: Kakak Unggah Foto Lionel Messi Sembah Cristiano Ronaldo

Inter Milan

Inter bahkan berpotensi untuk mengantongi total 50 juta euro (Rp856,6 miliar) jika mampu tampil apik di fase grup. Sayangnya, selama berada di fase grup, Inter hanya bisa meraih satu kemenangan. Maka mereka hanya mendapatkan 5,4 juta euro (Rp92,5 miliar) sama dengan musim lalu.

Nominal yang didapat Inter tersebut ssejatinya lebih sedikit ketimbang ketika Nerazzurri ditangani Luciano Spalletti. Pada gelaran Liga Champions 2018-2019, Spalletti berhasil membawa Inter meraih dua kemenangan di fase grup dan mengantongi bonus 7,2 juta euro (Rp123,3 miliar).

Tidak berhenti sampai di situ, gugurnya Inter kali ini juga membuat mereka kehilangan pangsa pasar untuk hak penyiaran. Pada akhirnya, dana yang seharusnya bisa didapat Inter justru dialihkan ke klub Italia lain yang lolos ke babak 16 besar seperti Juventus, Atalanta, dan Lazio.

Inter sebenarnya masih bisa mendapat keuntungan dari penyiaran jika mereka terbuang ke ajang Liga Eropa. Sayangnya, Nerazzurri menjadi juru kunci, sehingga perjalanan mereka di kompetisi Eropa harus berakhir, dan tak lagi mendapat hak penyiaran.

Seorang jurnalis Italia, Paolo Ziliani, mencatat bahwa selama Conte menangani Inter sejak musim panas 2019, ia telah membuat Nerazzurri kehilangan 116 juta euro (Rp1,9 triliun). Menurutnya, dengan uang segitu, Inter bisa membeli Neymar.

Neymar Jr

“Gaji Conte 12 juta euro per musim (18 juta euro termasuk bruto) ditambah 40 jut euroa pendapatan yang hilang karena tersingkir di grup Liga Champions (tahun lalu dan tahun ini, dan keluar juga dari Liga Eropa). Conte telah membebani Inter 116 juta euro sejauh ini. Anda bisa membeli Neymar dengan uang sebesar itu jika Anda mau," tulis Ziliani.

“Inter mengalami kerusakan ekonomi yang sangat besar. Mereka bahkan tidak akan bermain di Liga Eropa. Kerusakannya sangat besar, bahkan untuk sponsor," jelas mantan bek AC Milan, Alessandro Costacurta kepada Sky Sport, Jumat (11/12/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini