PSSI Bakal Proses Pengajuan Naturalisasi Sandy Walsh pada Januari 2021

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 06 Desember 2020 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 06 51 2322648 pssi-bakal-proses-pengajuan-naturalisasi-sandy-walsh-pada-januari-2021-BkG4a1qMVc.jpg Pemain keturunan Indonesia, Sandy Walsh yang bermain di KV Mechelen. (Foto: Instagram/sandywalsh)

MECHELEN – Niat pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia tampaknya benar-benar sangat besar. Terbukti kini juru taktik asal Korea Selatan itu sedang gencar-gencarnya mencari pemain keturanan Indonesia di Eropa untuk dinaturalisasikan agar bisa tampil bersama skuad berjuluk Garuda.

Dari sekian banyak nama yang diisukan, Sandy Walsh adalah salah satu pemain keturunan yang sedang diupayakan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) secepat mungkin. Bahkan Walsh sendiri mengaku sudah dihubungi oleh Tae-yong dan PSSI untuk mempercepat proses pengajuan naturalisasi tersebut.

Walsh menyebut pihak PSSI akan mencoba bertemu dengan pihak FIFA untuk membahas proses naturalisasi dirinya pada Januari 2021 mendatang. Mendengar hal tersebut Walsh pun mengaku sangat antusias menyambut momen itu.

Baca Juga: Sandy Walsh Nilai Pesepakbola Indonesia Layak Merumput di Eropa

Sandy Walsh

Sebab Walsh yang bermain untuk KV Mechelen itu di kasta tertinggi Liga Belgia tersebut mengaku cukup tertarik untuk membela Timnas Indonesia. Bahkan ia menyebut bakal langsung menyiapkan paspor jika memang pihak PSSI sudah dapat mengantongi izin dari FIFA untuk memperbolehkannya pindah warga negara, dari Belanda ke Indonesia.

“Jelas sangat menyenangkan jika saya memiliki kesempatan bermain untuk Timnas Indonesia. Saya sudah berkomunikasi dengan baik dengan induk organisasi sepakbola di sana (PSSU),” jelas Walsh, seperti apa yang dilansir dari media Belgia, Het Laatste Nieuws (HLN), Minggu (6/12/2020).

“Pelatih (Shin Tae-yong) juga menginginkan saya untuk bisa bergabung bersama tim (di Timnas Indonesia),” tambah pemain berusia 25 tahun tersebut.

“Mereka (PSSI) dikabarkan baru akan bertemu dengan pihak FIFA pada Januari (2021) untuk membicarakan mengenai saya. Jika FIFA membolehkan saya pinda kewarganegaraan dari Belanda ke Indonesia, maka saya akan langsung menyiapkan paspor agar bisa dipanggil Timnas Indonesia,” sambung pemain yang memiliki keturunan Indonesia dari sang ibu.

Nama Sandy Walsh sebenarnya memang bukanlah nama yang asing untuk para pencinta sepakbola Tanah Air. Sebab ia memang sudah sejak lama diincar untuk dijadikan pemain naturalisasi beberapa tahun yang lalu, tepatnya sejak Timnas Indonesia masih ditangani oleh Luis Milla.

Sandy Walsh

Bahkan Walsh sudah sempat bertemu dengan mantan pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy beberapa waktu yang lalu untuk membahas peluangnya membela Tanah Air. Kini, perlahan tapi pasti tampaknya Walsh akan benar-benar menjadi pemain skuad Garuda.

Kehadiran Walsh jelas dapat membantu memperkuat Timnas Indonesia. Pemain kelahiran Brussel, Belgia dan memiliki kewarganegaraan Belanda itu bakal membuat lini pertahanan sebelah kanan Timnas Indonesia semakin kuat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini