Soal Gol Tendangan Bebas, Hakan Calhanoglu Hanya Kalah dari Lionel Messi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 51 2321395 soal-gol-tendangan-bebas-hakan-calhanoglu-hanya-kalah-dari-lionel-messi-coT84kovPC.JPG Tendangan bebas Hakan Calhanoglu merobek gawang Glasgow Celtic (Foto: Reuters/Alessandro Garofalo)

MILAN – Sebiji gol berhasil disumbangkan Hakan Calhanoglu kala membantu AC Milan menang 4-2 atas Glasgow Celtic pada matchday lima Liga Eropa 2020-2021, Jumat (4/12/2020) dini hari WIB. Gol lewat tendangan bebas itu menambah koleksinya menjadi 18 buah dan hanya kalah dari seorang Lionel Messi.

Tiga poin penting berhasil diamankan AC Milan kala menjamu Glasgow Celtic di Stadion San Siro. Namun, kemenangan itu tidak diraih dengan mudah. The Bhoys bahkan sempat unggul lebih dulu dengan skor 0-2 lewat gol Tom Rogic (7’) dan Odsonne Edouard (14’).

Beruntung, AC Milan mampu bangkit dengan cepat. Gol tendangan bebas Hakan Calhanoglu di menit 24 mengawali kebangkitan tuan rumah. Setelah itu, Samu Castillejo menyamakan skor di menit 26. Dua gol tambahan dicetak pada babak kedua lewat Jens Petter Hauge (50’) dan Brahim Diaz (82’).

Baca juga: Senangnya Pioli Lihat Jens Petter Hauge Bermain Gemilang

Lionel Messi cetak 36 gol dari tendangan bebas (Foto: UEFA)

Bagi Hakan Calhanoglu, tembakan bebasnya yang berujung gol pada menit 24, berarti penting. Itu merupakan gol ke-18 dari eksekusi tendangan bebas sejak membela Hamburg SV pada musim 2013-2014. Ia hanya kalah dari seorang Lionel Messi, yang mencetak 36 gol dalam rentang waktu yang sama.

“Sejak awal musim 2013-2014, hanya Lionel Messi yang mencetak lebih banyak gol tembakan bebas langsung (36 buah) di semua kompetisi daripada Hakan Calhanaglu (18 buah) di lima liga top Eropa,” cuit akun Twitter penyedia jasa statistik, @OptaJoe, Jumat (4/12/2020).

Ya, Hakan Calhanoglu memang terkenal sebagai salah satu eksekutor tendangan bebas handal di Eropa. Sepakan akuratnya kerap memberikan sumbangan penting buat tim. Dari 18 gol lewat tendangan bebas, paling banyak disumbangkan untuk Bayer Leverkusen dengan total 10 buah.

Keahlian mengeksekusi bola mati itu membuat AC Milan tergoda untuk mendatangkannya pada musim panas 2017. Rossoneri mengucurkan dana sebesar 23,3 juta Euro (setara Rp401 miliar) untuk mendapatkan servisnya dari Bayer Leverkusen.

Sayangnya, adaptasi pemain berkebangsaan Turki itu cukup lambat di Italia. Pada musim perdananya, Hakan Calhanoglu hanya mampu menyumbang delapan gol dan 14 assist. Penampilannya pun membaik seiring waktu.

Hakan Calhanoglu cetak gol dari tendangan bebas (Foto: Reuters/Alessandro Garofalo)

Pada musim ketiganya, Hakan Calhanoglu berperan penting dalam membawa AC Milan melesat ke papan atas, terutama sejak Juni 2020. Ia sukses mengukir delapan gol dan delapan assist dalam hanya 12 pertandingan di Serie A buat AC Milan.

Inisiatif Stefano Pioli untuk menggesernya dari sisi sayap ke tengah memberi perubahan besar. Sekali pun diturunkan di sayap, sang pelatih memberi kebebasan lebih kepadanya untuk berkreasi dan merangsek ke tengah guna mengatur tempo permainan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini