Ditinggal Cristiano Ronaldo, Ini Catatan Buruk Madrid di Fase Grup Liga Champions

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 261 2321621 ditinggal-cristiano-ronaldo-ini-catatan-buruk-madrid-di-fase-grup-liga-champions-JoYGrTNDx8.jpg Real Madrid kalah 0-2 dari Shakhtar. (Foto: REUTERS/Gleb Garanich)

MADRID – Performa Real Madrid di Liga Champions menurun setelah ditinggal Cristiano Ronaldo pada musim panas 2018. Terbuki dalam dua musim awal ditinggal Cristiano Ronaldo (2018-2019 dan 2019-2020), Los Blancos –julukan Madrid– selalu tersingkir di 16 besar Liga Champions.

Musim ini, posisi Madrid di klasemen sementara Grup B Liga Champions 2020-2021 juga tidak menguntungkan. Dari lima pertandingan, tim asuhan Zinedine Zidane itu tertahan di posisi tiga klasemen Grup B Liga Champions 2020-2021 dengan koleksi tujuh angka.

Ricky Yacobi

(Madrid dua kali kalah dari Shakhtar Donetsk)

Jika kalah dari Borussia Monchengladbach di matchday pamungkas yang digelar pekan depan, Madrid bisa terlempar ke Liga Eropa 2020-2021. Kemungkinan terburuknya adalah, Madrid finis di posisi juru kunci dan gagal melanjutkan kiprah di kompetisi Eropa musim ini.

Semenjak ditinggal Cristiano Ronaldo, performa Madrid memang buruk di Liga Champions, bahkan sedari fase grup. Dari 17 pertandingan fase grup yang dijalani Madrid sepeninggal Cristiano Ronaldo, Los Blancos sudah lima kali kalah!

Sebanyak lima kekalahan itu diterima dari tiga tim berbeda, yakni CSKA Moskow, Paris Saint-Germain (PSG) dan Shakhtar Donetsk. CSKA Moskow dan Shakhtar masing-masing dua kali mengalahkan Madrid.

BACA JUGA: Rahasia Tidur Nyenyak Georgina Rodriguez: Kasur Seharga Rp588 Juta

Sementara PSG, satu kali menumbangkan Madrid. Lima kekalahan itu melebihi jumlah kekalahan Madrid di Fase Grup Liga Champions selama sembilan tahun (2009-2018) diperkuat Cristiano Ronaldo.

Kala itu melewati 54 pertandingan, Madrid yang diperkuat Cristiano Ronaldo hanya kalah tiga kali! Kekalahan itu didapatkan dari AC Milan pada Oktober 2009, Borussia Dortmund (Oktober 2012) dan Tottenham Hotspur (November 2017).

Cristian Gonzales

(Cristiano Ronaldo saat membela Real Madrid)

Hal itu menunjukkan Madrid yang diperkuat Cristiano Ronaldo sangat digdaya di Liga Champions. Terbukti selama diperkuat Cristiano Ronaldo, Madrid empat kali menjadi yang terbaik di Liga Champions.

Bahkan dari empat kemenangan itu, tiga di antaranya didapat secara beruntun. Karena itu, menarik menanti dobrakan manajemen Real Madrid untuk mengembalikan kedigdayaan mereka di Liga Champions sepeninggal Cristiano Ronaldo.

Terlebih, Madrid saat ini tercatat sebagai tim tersukses di Liga Champions dengan koleksi 13 gelar. Hanya saja, performa Madrid saat ini tidak menunjukkan betapa hebatnya mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini