Borong 4 Gol ke Gawang Sevilla, Olivier Giroud Catat 2 Rekor Istimewa

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 261 2320749 borong-4-gol-ke-gawang-sevilla-olivier-giroud-catat-2-rekor-istimewa-4Xf7KLcuOZ.JPG Olivier Giroud borong empat gol (Foto: Reuters/Marcelo Del Pozo)

SEVILLA – Penampilan gemilang ditunjukkan Olivier Giroud kala membawa Chelsea menang telak 4-0 di markas Sevilla, Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Spanyol, Kamis (3/12/2020) dini hari WIB. Tidak tanggung-tanggung, penyerang berkebangsaan Prancis itu memborong empat gol yang langsung memecahkan dua rekor.

Matchday kelima Grup E Liga Champions 2020-2021 itu sejatinya sudah tidak menentukan bagi kedua kesebelasan. Sebab, Sevilla dan Chelsea sama-sama sudah memastikan kelolosan pada matchday empat usai menaklukkan lawan masing-masing.

Namun, masih ada satu kepentingan, yakni memperebutkan tempat teratas di Grup E. Finis sebagai pemuncak klasemen memberi keuntungan tersendiri pada fase berikutnya. Selain mendapat lawan yang relatif lebih mudah, klub diberi keistimewaan menjalani leg kedua di kandang sendiri.

Baca juga: Giroud Empat Gol, Chelsea Berpesta di Kandang Sevilla

Olivier Giroud memborong empat gol (Foto: Reuters/Marcelo Del Pozo)

Bonus tersebut jelas tidak mau disia-siakan Sevilla maupun Chelsea. Keduanya menurunkan kekuatan penuh untuk laga di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan. Namun, Si Biru lah yang akhirnya tertawa lebar berkat kemenangan telak 4-0.

Seluruh gol pada pertandingan tersebut diborong oleh Olivier Giroud. Padahal, striker berusia 34 tahun itu jarang mendapat kesempatan tampil musim ini. Sekali tampil sebagai starter, kepercayaan dari Manajer Frank Lampard dibayar tuntas.

Keempat gol itu membawa Olivier Giroud pada dua rekor istimewa. Ia merupakan pemain Chelsea pertama yang bisa mengemas poker alias empat gol di Liga Champions. Eks penggawa Arsenal itu juga menjadi pemain tertua yang mengemas hattrick di era Liga Champions sejak 1992-1993.

“Olivier Giroud adalah pemain pertama Chelsea yang mencetak empat gol dalam sebuah pertandingan sejak Frank Lampard pada Maret 2010 vs Aston Villa. Sementara itu, dia adalah yang pertama melakukannya di Piala/Liga Champions,” cuit akun Twitter @OptaJoe, Kamis (3/12/2020).

“Olivier Giroud (34 tahun 63 hari) adalah pemain tertua sepanjang sejarah era Liga Champions yang mencetak hattrick. Sementara itu, dia adalah yang kedua di Piala Eropa sejak Ferenc Puskas (38 tahun 178 hari) untuk Real Madrid pada September 1965 vs Feyenoord,” imbuh Opta.

Chelsea sukses taklukkan Sevilla 4-0

Aksi Olivier Giroud itu sukses membawa Chelsea naik ke puncak klasemen Grup E Liga Champions 2020-2021. Kemenangan telak 4-0 sekaligus memastikan mereka finis sebagai yang teratas. Sebab, Chelsea unggul head-to-head dari Sevilla sekali pun di laga terakhir nanti kalah.

Poin yang dikumpulkan Sevilla sejauh ini baru 10. Sementara Chelsea sudah 13 angka. Jika Chelsea kalah di laga terakhir dan Los Nervionenses menang, maka poin kedua tim akan sama. Ketika poin yang sama, klasemen Liga Champions menganut sistem head-to-head.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini