Ini Dia Penemu Cabang Olahraga Sepakbola

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 51 2317862 ini-dia-penemu-cabang-olahraga-sepakbola-nTlmJcM3df.jpg Ilustrasi Sepakbola (Foto: Shutterstock)

TIDAK perlu diragukan lagi bahwa sepakbola merupakan olahraga yang paling populer di dunia pada saat ini. Banyaknya penonton di sejumlah event sepakbola seperti Piala Dunia menjadi sukses betapa tinggi popularitas olahraga ini.

Sepakbola sendiri memang permainan yang sangat mudah diakses atau dimainkan di seluruh planet dari jalanan, taman belakang rumah hingga ke lapangan, berlangsung baik di dalam maupun di luar ruangan serta di bidang virtual.

Terlebih tidak seperti olahraga lain yang membutuhkan beberapa perangkat untuk dimainkan, sepakbola hanya butuh bola dan orang-orang sudah bisa memainkannya. Dengan fakta itu, tak mengherankan sepakbola mampu menyebar cepat di seluruh penjuru dunia.

Sepakbola kuno

Meski hingga kini sejarah mengenai penemuan sepakbola masih menjadi misteri. Terlebih, dalam beberapa tahun fakta di balik sejarah ditemukannya sepakbola mulai terungkap, seperti fakta bahwa orang-orang Mesir Kuno, Romawi, hingga China sudah memainkan olahraga ini jauh sebelum Inggris mengklaim sebagai penemunya.

Baca Juga: Ingat Masa Lalu, Diego Maradona Rajin Bantu Orang Miskin

Akan tetapi sejauh ini orang-orang memang mengenal Inggris sebagai negara yang menemukan sepakbola. Pasalnya mereka juga negara yang memperkenalkan sejumlah aturan untuk diterapkan dalam olahraga sepakbola atau tepatnya pada 1863.

Permainan sepakbola sejatinya memang sudah ada sebelum saat itu di Inggris dan dimainkan di halaman sekolah umum. Akan tetapi permainan sepakbola saat ini tidak memiliki aturan standar, yang mana akhirnya acap kali membuat permainan tersebut agak kacau.

Terlebih aturan sepakbola di Inggris sendiri sempat memiliki dua aturan berbeda, yang mana dikenal sebagai aturan Cambridge dan Sheffield. Adanya dua aturan sepakbola tersebut pun acap kali memicu ketidaksepakatan dan kebingungan antar-pemain.

Melihat kacaunya permainan si kulit bundar di Inggris kala itu, membuat Ebenezer Morley pun berinisiatif untuk membentuk asosiasi sepakbola resmi. Morley pun akhirnya melakukan pertemuan yang diikuti oleh 12 perwakilan klub sepakbola di Freemason Tavern pada 26 Oktober 1863.

Baca Juga: Peran Stopper dalam Sepakbola

Dari hasil pertemuan tersebut, maka terbentuklah asosiasi sepakbola pertama di dunia, yakni The Football Association (FA). Dengan adanya asosiasi yang jelas, membuat permainan sepakbola pun dimodifikasi dengan sejumlah aturan yang selalu berkembang hingga saat ini.

Dengan fakta tersebut, Morley memang tidak bisa dicap sebagai sosok yang menemukan sepakbola. Akan tetapi berkat jasanya membentuk asosiasi sepakbola pertama di dunia, Morley pun disebut-sebut sebagai ‘Bapak Asoasiasi Sepakbola’ dunia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini