Penyebab Shin Tae-yong Takkan Penuhi Starting XI Timnas Indonesia U-19 dengan Pemain Keturunan

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 51 2317327 penyebab-shin-tae-yong-takkan-penuhi-starting-xi-timnas-indonesia-u-19-dengan-pemain-keturunan-akL9S7PaLe.jpg Jack Brown (tengah), pemain keturunan Indonesia-Inggris. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Pengamat sepakbola nasional, Mohamad Kusnaeni, meyakini pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Shin Tae-yong, takkan membentuk starting XI timnya yang dipenuhi pemain-pemain keturunan. Bung Kus –sapaan akrab Mohamad Kusnaeni– menilai, ada dua alasan yang melatarbelakanginya

Berbicara di Channel YouTube Bung Ropan, Bung Kus mengatakan faktor pertama Shin Tae-yong takkan membentuk starting XI Timnas Indonesia U-19 yang dipenuhi pemain keturunan karena banyak pesepakbola lokal yang memiliki kualitas untuk bersaing.

Nama Witan Sulaeman

(Witan Sulaeman, salah satu pesepakbola lokal berkualitas)

“Shin Tae-yong takkan menggunakan semua pemain keturunan. Sebab, Shin Tae-yong telah melihat di sepakbola kita ini ada banyak pesepakbola lokal yang memiliki kualitas bagus. Ia sudah melihat Rizky Ridho, Arhan Pratama, David Maulana, Braif, Witan, Beckham,” kata Bung Kus, Okezone mengutip dari akun YouTube Bung Ropan, Jumat (27/11/2020).

Lantas, kenapa Shin Tae-yong masih memanggil pemain-pemain keturunan ketika Indonesia sudah dipenuhi pesepakbola berbakat? Bung Kus menilai, Shin Tae-yong membutuhkan tenaga tambahan dari pemain keturunan.

“Cuma kalo mengandalkan 11 pemain lokal, Shin Tae-yong melihat belum siap memanfaatkan secara maksimal. Karena itu, tak heran Shin Tae-yong panggil pemain keturunan,” lanjut Bung Kus.

BACA JUGA: Demi Prestasi, Tak Ada Salahnya Timnas Indonesia U-19 Gunakan Pemain Keturunan

Satu alasan lain adalah, jika starting XI dipenuhi pemain keturunan, antusiasme suporter Indonesia untuk hadir ke stadion akan berkurang, berhubung minimnya pemain lokal yang bercokol di Timnas Indonesia U-19. Sekadar informasi, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 yang digelar pada 20 Mei-12 Juni 2021.

“Jika skuad mayoritas dihuni pemain keturunan, jumlah suporter yang datang ke stadion bisa saja berkurang. Saya pikir Shin Tae-yong sudah memikirkannya sampai ke situ,” ujar Bung Kus.

Timnas Indonesia U-19

Merujuk kepada pemain-pemain Timnas Indonesia U-19 yang dibawa ke Kroasia, tercatat ada empat pemain keturunan. Mereka ialah Jack Brown (Inggris-Indonesia), Elkan Baggott (Inggris-Indonesia), Kelana Mahessa (Indonesia-Jerman) dan Luah Mahessa (Indonesia-Jerman).

Menurut Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, jumlahnya bisa bertambah. Rencananya ketika Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan di Spanyol medio bulan depan, sejumlah pemain keturunan akan mengikuti tes masuk skuad Garuda Nusantara.

Menarik menanti siapa-siapa saja pemain keturunan tambahan yang memperkuat Timnas Indonesia U-19. Diharapkan, pemain keturunan ini dapat meningkatkan kualitas Timnas Indonesia U-19 saat turun di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini