Demi Prestasi, Tak Ada Salahnya Timnas Indonesia U-19 Gunakan Pemain Keturunan

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 51 2317314 demi-prestasi-tak-ada-salahnya-timnas-indonesia-u-19-gunakan-pemain-keturunan-DeBo12dVU0.jpg Elkan Baggott saat memperkuat Timnas Indonesia U-19. (Foto: PSSI)

JAKARTA - Pengamat sepakbola nasional, Mohamad Kusnaeni, menilai tak ada salahnya PSSI memanggil sejumlah pemain keturunan untuk memperkuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19. Berhubung akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, prestasi tinggi wajib dicapai Timnas Indonesia U-19.

Dalam pandangan Bung Kus –sapaan akrab Mohamad Kusnaeni, mengandalkan tenaga pemain keturunan merupakan salah satu cara agar skuad Garuda Nusantara berjaya di ajang dua tahunan tersebut.

Jack Brown

(Jack Brown, pemain berdarah Indonesia-Inggris)

“Kita ini mau main di Piala Dunia, bukan Piala AFF. Kita ingin main di Piala Dunia Dunia dan menjadi tuan rumah. Kita mau tim ini berlari sejauh mungkin, entah lolos ke semifinal atau final. Tidak masalah siapa pun membela Indonesia, terpenting si pemain punya hak membela Indonesia,” kata Bung Kus, Okezone mengutip dari akun YouTube Bung Ropan, Jumat (27/11/2020).

Merujuk kepada pemain-pemain Timnas Indonesia U-19 yang dibawa ke Kroasia, tercatat ada empat pemain keturunan. Mereka ialah Jack Brown (Inggris-Indonesia), Elkan Baggott (Inggris-Indonesia), Kelana Mahessa (Indonesia-Jerman) dan Luah Mahessa (Indonesia-Jerman).

Menurut Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, jumlahnya bisa bertambah. Rencananya ketika Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan di Spanyol medio bulan depan, sejumlah pemain keturunan akan mengikuti tes masuk skuad Garuda Nusantara.

BACA JUGA: Punya Pengalaman Hadapi Maradona, Ini Pesan Banur untuk Timnas Indonesia U-19

Sejauh ini, dampak yang diberikan pemain keturunan terhadap Timnas Indonesia U-19 cukup bagus. Jack Brown keluar sebagai top skor Timnas Indonesia U-19 selama pemusatan latihan di Kroasia.

Tercatat, mantan pemain Lincoln City itu mengoleksi tiga gol dari lima pertandingan. Tim-tim yang dibobol Jack Brown pun bukan sembarangan, yakni Makedonia Utara dan Hajduk Split.

Elkan Baggott

(Elkan Baggott dongkrak performa Timnas Indonesia U-19)

Begitu juga dengan Elkan Baggott. Semenjak Elkan Baggott hadir, Timnas Indonesia U-19 tidak terkalahkan dan sulit dibobol. Dari tiga pertandingan diperkuat bek Ipswich Town tersebut, gawang skuad Garuda Nusantara hanya kemasukan satu gol!

Tercatat, Timnas Indonesia U-19 menang 4-1 dan bermain 0-0 kontra Makedonia Utara, serta menghajar Hajduk Split 4-0. Karena itu, menarik menanti siapa-siapa lagi pemain keturunan yang memperkuat skuad Timnas Indonesia U-19.

Sebelum main di Piala Dunia U-20, tenaga pemain keturunan juga dapat digunakan ketika Timnas Indonesia U-19 turun di Piala Asia U-19. Dalam turnamen yang digelar di Uzbekistan pada 3-20 Maret 2021, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A bersama tuan rumah, Kamboja dan Iran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini