Diego Maradona Meninggal Dunia, Tak Disangka Pernah 2 Kali Pecahkan Rekor Transfer

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 08:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 51 2316363 diego-maradona-meninggal-dunia-tak-disangka-pernah-2-kali-pecahkan-rekor-transfer-Ta293g5Wki.jpg Diego Maradona saat membela Timnas Argentina. (Foto: REUTERS/Gary Hershorn)

BUENOS AIRESDiego Maradona meninggal dunia pada Rabu 25 November 2020 malam WIB. Pesepakbola legenda Argentina itu meninggal dunia karena terkena serangan jantung.

Sebelum terkena serangan jantung, pria yang mengembuskan napas terakhirnya di usia 60 tahun ini baru saja menjalani operasi otak. Bisa dibilang dalam beberapa tahun terakhir, pria yang dikenal dengan gol tangan tuhannya di Piala Dunia 1986 itu diserang sejumlah penyakit.

Kepergian Diego Maradona praktis ditangisi miliaran pencinta sepakbola dunia. Pesepakbola top macam Cristiano Ronaldo, Lionel Messi hingga legenda sekelas Pele menyampaikan duka mendalam atas kepergian mantan ayah mertua Sergio Aguero tersebut.

Ketika aktif sebagai pesepakbola profesional (1976-1997), jangan ragukan kemampuan olah bola Diego Maradona. Keberhasilan Napoli dua kali juara Liga Italia, plus Argentina yang menjadi juara Piala Dunia 1986, muncul berkat sumbangsih pria berbadan gempal tersebut.

Selain itu, bukti lain kehebatan Maradona adalah keberhasilannya dua kali memecahkan rekor transfer dunia! Selain Maradona, hanya ada dua pesepakbola yang dua kali memecahkan rekor transfer dunia, yakni Alf Common dan David Jack (Inggris).

Diego Forlan

(Diego Maradona saat membela Barcelona)

Sekarang yang jadi pertanyaan, kapan Maradona memecahkan rekor transfer dunia? Momen pertama terjadi pada musim panas 1982, saat pemain yang identik dengan nomor punggung 10 itu diboyong Barcelona dari Boca Juniors.

BACA JUGA: Sebelum Meninggal, Maradona Ingin Ulangi Gol Tangan Tuhan

Saat itu, Barcelona mengeluarkan 8 juta euro atau setara Rp134,7 miliar. Sayangnya, uang besar yang dikeluarkan Barcelona terasa mubazir. Sebab selama dua musim mentas di Estadio Camp Nou, Maradona hanya menghadirkan satu trofi Copa del Rey (1982-1983).

Setelah dua musim berlabuh di Camp Nou, Maradona memutuskan pindah ke Napoli pada musim panas 1984. Saat itu, Maradona lagi-lagi memecahkan rekor transfer dunia setelah diboyong Napoli senilai 13 juta euro (Rp219 miliar).

Diego Maradona

(Diego Maradona sukses besar bersama Napoli)

Saat diperkenalkan sebagai pemain, fans Napoli memadati Stadion San Paolo. Tercatat ada 75.000 suporter Napoli yang hadir langsung di Stadion San Paolo demi memberi sambutan kepada calon bintang mereka, Maradona.

Sambutan meriah yang diberikan publik Kota Naples pun tidak sia-sia. Kehadiran Maradona di Napoli mengubah peruntungan klub yang identik dengan warna biru tersebut. Maradona membawa Napoli menjuarai Liga Italia 1986-1987, gelar pertama Napoli di kompetisi tersebut semenjak berdiri pada 1 Agustus 1926.

Ternyata, bukan hanya sekali Maradona menghadirkan trofi bagi publik Kota Naples. Maradona juga mengantarkan Napoli menjuarai Liga Italia 1989-1990, Coppa Italia 1986-1987, Piala UEFA 1988-1989 (sekarang Liga Eropa) dan Piala Super Italia 1990. Karena itu, uang besar yang dikeluarkan Napoli terasa senilai. Sebab, Maradona telah memberikan sumbangsih besar selama tujuh musim (1984-1991) berada di Napoli.

Selamat jalan legenda sepakbola dunia, Diego Armando Maradona. Sumbangsih Anda atas kemajuaan pesepakbolaan dunia takkan pernah terlupa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini