Penyebab Diego Maradona Tak Pernah Raih Trofi Ballon dOr dan Pemain Terbaik Dunia

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 01:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 51 2316274 penyebab-diego-maradona-tak-pernah-raih-trofi-ballon-dor-dan-pemain-terbaik-dunia-ySOB9RHYvS.jpg Diego Maradona tak pernah menangkan trofi Ballon dOr. (Foto: FIFA.com)

BUENOS AIRES Diego Maradona meninggal dunia pada Rabu 25 November 2020 malam WIB karena serangan jantung. Kepergian Diego Maradona ditangisi jutaan pencintanya, mengingat di masa aktifnya sebagai pesepakbola profesional (1976-1997), pria 60 tahun ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Kualitas Diego Maradona membantu Napoli dua kali juara Liga Italia, tepatnya pada 1986-1987 dan 1989-1990. Sekadar informasi, hingga kini Napoli tercatat baru dua kali memenangkan trofi Liga Italia, tepatnya di era Diego Maradona.

Diesler

Selain itu, Diego Maradona juga membantu Argentina juara Piala Dunia 1986. Hanya saja, setelah kesuksesan di atas, La Albiceleste –julukan Argentina– tak pernah menjadi yang terbaik di Piala Dunia.

Meski meraih kesuksesan di atas, Diego Maradona ternyata tak pernah dinobatkan sebagai pemenang trofi Ballon dOr dan pemain terbaik dunia atau FIFA World Player of the Year. Kenapa? Begini ceritanya.

Benar, trofi Ballon dOr yang digagas majalah France Football sudah dipertandingkan sejak 1956. Namun, dari 1956 hingga 1994, pemenang trofi berbentuk bola emas tersebut sudah dikondisikan.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Berduka atas Kepergian Diego Maradona: Saya Kehilangan Sahabat

Saat itu, France Football menunjuk pemenang hanya untuk pemain-pemain yang berpaspor Eropa. Karena itu, tak heran dari 1956 hingga 1994, pemenang trofi Ballon dOr hanya untuk pemain-pemain asal Eropa.

Berhubung Diego Maradona berasal dari Argentina (Amerika Selatan), ia gagal memenangkan trofi Ballon dOr. Kemudian, ketika pada 1995 seluruh pemain memiliki kesempatan yang sama untuk meraih trofi tersebut, Diego Maradona sudah tak dalam kondisi terbaik. Saat itu, usia Diego Maradona sudah menginjak 35 tahun.

Diego Maradona

Bagaimana dengan gelar pemain terbaik dunia? Penghargaan yang digagas oleh FIFA ini baru dipertandingkan sejak 1991. Pada 1991, Diego Maradona sudah tak dalam kondisi terbaik, yang mana diduga sudah mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Karena itulah, jumlah koleksi trofi Ballon dOr dan pemain terbaik dunia milik Diego Maradona nihil. Meski begitu, bukan berarti Diego Maradona tak dapat dinobatkan sebagai salah satu yang terbaik.

Video dan prestasi masa lampau, menjadi bukti nyata kehebatan mantan ayah mertua dari penyerang Manchester City, Sergio Aguero tersebut. Selamat jalan Diego Maradona. Sumbangsih Anda untuk persepakbolaan dunia takkan terlupa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini