Diego Maradona Ternyata Pernah Bantai Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 1979

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 01:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 51 2316270 diego-maradona-ternyata-pernah-bantai-timnas-indonesia-di-piala-dunia-u-20-1979-H0tASinZQ1.jpg Diego Maradona saat turun di Piala Dunia 1979. (Foto: FIFA.com)

DIEGO Maradona meninggal dunia pada Rabu 25 November 2020 malam WIB. Pesepakbola legenda Argentina ini mengembuskan napas terakhir di usia 60 tahun akibat serangan jantung.

Sepanjang karier sepakbolanya, sejumlah pencapaian dicetak Diego Maradona. Selain dua trofi Liga Italia bareng Napoli, keberhasilan membawa Tim Nasional (Timnas) Argentina juara Piala Dunia 1986 jadi yang paling berkesan.

Diego Maradona

(Diego Maradona saat turun di Piala Dunia U-20 1979)

Namun, di luar kesuksesan di atas, Diego Maradona ternyata pernah bersua Timnas Indonesia, tepatnya di Piala Dunia U-20 1979 yang diselenggarakan di Jepang. Dalam turnamen itu, Argentina tergabung di Grup B bersama Polandia, Yugoslavia dan Indonesia.

Lolosnya Indonesia ke turnamen dua tahunan tersebut cukup unik. Sebab, Indonesia mendapat hibah dari keengganan negara-negara Asia Barat mentas di ajang tersebut.

Saat itu, Irak, Kuwait, Bahrain, Iran, Arab Saudi dan Korea Utara (Asia Timur) menolak tampil karena sponsor utama turnamen yakni Coca Cola, berasal dari Amerika Serikat (AS). Sekadar informasi, negara-negara di atas memiliki hubungan yang tidak baik dengan AS saat itu.

Kembali ke Maradona dan Argentina. Hasil apa yang didapat Argentina di tiga laga kontra Indonesia, Polandia dan Yugoslavia? Skuad junior Argentina menyapu bersih tiga pertandingan di fase grup dengan kemenangan.

BACA JUGA: Diego Maradona Meninggal Dunia, Rivalitas dengan Lionel Messi Terus Berlanjut?

Mereka berturut-turut menghancurkan Indonesia 5-0, Yugoslavia (1-0) dan Polandia (4-1). Dari total 10 gol yang dibuat Argentina di fase grup, tiga di antaranya dilesakkan Maradona. Ia mencetak brace (dua gol) ke gawang Indonesia dan satu bola lagi dikemas tatkala Argentina menghadapi Polandia.

Keberhasilan di atas membuat Argentina lolos ke perempatfinal dengan status juara grup. Di babak delapan besar, La Albiceleste –julukan Argentina– menghadapi Aljazair dan mereka pun menang 5-0! Maradona saat itu membuka keran gol Argentina pada menit 25.

Infografis Maradona

Kemudian di semifinal, Argentina ditantang rival satu benua mereka, Uruguay. Lewat permainan atraktif, Argentina menang 2-0 dan lagi-lagi gol pembuka dicetak Maradona. Pesona Maradona pun berlanjut di partai final.

Maradona mencetak gol penutup kemenangan 3-1 Argentina atas Uni Soviet, sekaligus memastikan trofi juara. Maradona memang gagal menjadi top skor karena kalah bersaing dari sang rekan, Ramon Diaz yang mengemas delapan gol.

Akan tetapi, Maradona keluar sebagai pemain terbaik turnamen dengan dianugerahi trofi Golden Ball. Setelah Piala Dunia U-20 1979, nama Maradona semakin dikenal luas, hingga akhirnya menjajal kompetisi Eropa dengan berseragam Barcelona pada 1982.

Selamat jalan Diego Maradona. Sumbangsih Anda untuk persepakbolaan dunia takkan terlupa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini