Diego Maradona Meninggal Dunia, Rivalitas dengan Lionel Messi Terus Berlanjut?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 00:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 51 2316268 diego-maradona-meninggal-dunia-rivalitas-dengan-lionel-messi-terus-berlanjut-YXIb1EMe6Q.jpg Diego Maradona dan Messi tak pernah lepas dari persaingan. (Foto: REUTERS)

BUENOS AIRES – Pesepakbola legenda Argentina, Diego Maradona, meninggal dunia pada Rabu 25 November 2020 malam WIB. Pria berbadan gempal itu meninggal dunia di usia 60 tahun karena terkena serangan jantung.

Kepergian Diego Maradona disedihkan jutaan bahkan miliaran pencinta sepakbola dunia. Sebab, semasa aktif sebagai pesepakbola profesional, sejumlah prestasi dicetak Diego Maradona, salah satunya keberhasilan membawa Tim Nasional (Timnas) Argentina juara Piala Dunia 1986.

Diego Maradona

(Diego Maradona (kanan) dan Messi saat bekerja sama di Timnas Argentina pada Piala Dunia 2010)

Semenjak memutuskan pensiun sebagai pesepakbola pada 1997, hampir tak ada pesepakbola Argentina yang mendekati level Diego Maradona. Namun, semuanya berubah semenjak ada bocah asal Rosario, Argentina, yang masuk skuad utama Barcelona per 2004.

Sosok yang dimaksud adalah Lionel Messi. Semenjak ada Lionel Messi, Publik sepakbola Argentina dan dunia pasti terpecah saat ditanya siapa yang lebih hebat antara La Pulga –julukan Lionel Messi– dan Diego Maradona.

Fans Lionel Messi memberi dukungan karena La Pulga memenangkan empat trofi Liga Champions dan enam gelar Ballon dOr, sesuatu yang gagal dicapai Diego Maradona. Sementara fans Maradona, keberhasilan membawa Argentina juara Piala Dunia 1986 menjadi hal yang mereka agung-agungkan.

BACA JUGA: Diego Maradona Meninggal Dunia dan Gol Tangan Tuhan yang Melegenda

Sekadar informasi, trofi Piala Dunia menjadi satu-satunya cacat yang gagal dicetak Lionel Messi. Semenjak turun pada 2006, pencapaian terbaik Lionel Messi hanya membawa Argentina lolos ke final Piala Dunia 2014.

Bagaimana dengan Diego Maradona? Diego Maradona tercatat hanya memenangkan sembilan trofi. Di level individu juga Lionel Messi jauh lebih mentereng ketimbang Maradona. Lionel Messi memenangkan enam trofi Ballon dOr dan pemain terbaik duna. Bagaimana dengan Maradona?

Lionel Messi

Maradona memang gagal meraih trofi di dua penghargaan tersebut. Namun, ada alasannya. Penghargaan Ballon dOr dari 1956 hingga 1994 pemenangnya sudah diatur, yang mana hanya pemain-pemain asal Eropa yang diizinkan meraih penghargaan.

Baru pada 1995, pemain dari luar Eropa berkesempatan memenangkan trofi Ballon dOr. Sementara trofi pemain terbaik dunia, baru diperebutkan pada 1991, atau ketika Maradona sudah tak dalam kondisi optimal.

Karena itu, kepergian Diego Maradona akankah mematikan rivalitas dengan Lionel Messi, atau justru semakin memperuncingnya? Selamat jalan Diego Maradona, sumbangsih Anda untuk persepakbolaan dunia takkan terlupa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini