Diego Maradona Meninggal Dunia dan Gol Tangan Tuhan yang Melegenda

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 51 2316263 diego-maradona-meninggal-dunia-dan-gol-tangan-tuhan-yang-melegenda-jLxv0XxQgk.jpg Diego Maradona saat mencetak gol tangan tuhan. (Foto: Sky Sports)

BUENOS AIRES – Pesepakbola legenda dunia, Diego Maradona, meninggal dunia pada Rabu 25 November 2020 malam WIB. Menurut laporan jurnalis Italia Fabrizio Romano, Diego Maradona dinyatakan meninggal dunia karena terserang penyakit jantung.

Tentu kepergian Diego Maradona sangat disayangkan pencinta sepakbola dunia. Sebab, ketika aktif sebagai pesepakbola profesional, tak ada yang meragukan kemampuan olah bola pria yang meninggal dunia di usia 60 tahun tersebut.

Namun, Diego Maradona juga dikenal sebagai pesepakbola yang kerap melakukan aksi kontroversial. Tak hanya di luar lapangan, namun juga di dalam arena.

Ketika memperkuat Tim Nasional (Timnas) Argentina di Piala Dunia 1986, Diego Maradona membuat gol ikonik, yang hingga kini masih dikenang milaran pencinta sepakbola dunia. Gol ikonik yang dimaksud adalah gol tangan tuhan yang tercipta di perempatfinal Piala Dunia 1986 dalam laga Argentina vs Inggris.

Ketika pertandingan yang digelar di Stadion Azteca, Meksiko, memasuki menit 51, Diego Maradona mendribel bola melewati empat pemain. Kemudian, Maradona memberikan umpan kepada Jorge Valdano. Sayangnya, bola gagal dijangkau Valdano. Namun, salah satu pemain belakang Inggris justru melakukan kesalahan dan menyapu bola ke arah kotak penalti mereka sendiri.

Alhasil, Diego Maradona yang sedang berlari ke kotak penalti langsung loncat dan menyundul bola. Namun, tahu dirinya kalah loncatan dari Kiper Inggris, Peter Shilton, Diego Maradona sedikit menggunakan bantuan tangan untuk mendorong si kulit bulat.

Diego Maradona

(Diego Maradona saat cetak gol tangan tuhan)

BACA JUGA: Kabar Duka, Diego Maradona Meninggal Dunia

Bola pun masuk ke gawang dan membuat Argentina unggul 1-0. Awalnya Diego Maradona sempat ragu, namun wasit Ali Bin Nasser asal Tunisia mensahkan gol tangan tuhan yang dibuat Diego Maradona.

“Gol yang saya cetak sedikit dengan kepala Maradona dan sedikit dengan tangan Tuhan,” kata Maradona kelar pertandingan.

Diego Maradona

“Kemudian setelah mencetak gol, saya menunggu rekan setim saya untuk memeluk saya dan tidak ada yang datang. Saya mengatakan kepada mereka, ‘Ayo peluk saya, atau wasit tidak akan mengesahkan gol tersebut,” lanjut Maradona.

Gol tangan tuhan rupanya meningkatkan semangat Diego Maradona. Empat menit berselang, Maradona kembali membuat gol. Hebatnya dalam proses gol kedua, Diego Maradona sempat melewati empat pemain, plus kiper Inggris Peter Shilton. Singkat kata, Argentina menang 2-1 atas Inggris.

Di akhir turnamen, Argentina pun menjadi kampiun Piala Dunia 1986 setelah menang 3-2 atas Jerman di partai puncak. Selamat jalan Diego Maradona, sumbangsih Anda untuk persepakbolaan dunia takkan terlupa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini