Dulu Fajar Fathur, Kini Bagus Kahfi Didukung Witan Sulaeman di Timnas Indonesia U-19

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 51 2312459 dulu-fajar-fathur-kini-bagus-kahfi-didukung-witan-sulaeman-di-timnas-indonesia-u-19-6FsUikBn6u.jpg Bagus Kahfi saat turun di laga Indonesia vs Iran. (Foto: PSSI)

JAKARTA Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 era Fakhri Husaini (2019) memiliki trio lini depan mematikan dalam pola 4-3-3. Saat itu, winger kanan ditempati Fajar Fathur, penyerang tengah diisi Amiruddin Bagus Kahfi dan Mochamad Supriadi bergerak di sayap kiri.

Kombinasi di atas membantu Timnas Indonesia U-19 lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020 setelah memuncaki klasemen Grup K. Fajar Fathur bahkan keluar sebagai top skor Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 denga koleksi tiga gol.

Fajar Fathur

(Fajar Fathur saat turun di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020)

Sementara Bagus Kahfi mencetak dua gol, tepatnya ke gawang Hong Kong dan Korea Utara. Gol ke gawang Korea Utara sangat berarti. Berkat gol dari Bagus Kahfi, Timnas Indonesia U-19 menahan Korea Utara 1-1.

Jika saat itu Timnas Indonesia U-19 kalah, mereka harus menunggu hasil pertandingan lain untuk lolos ke putaran final. Beruntung berkat gol dari Bagus Kahfi, Timnas Indonesia U-19 lolos sebagai juara grup.

Hanya saja, kombinasi trio di atas sulit terealisasi di Timnas Indonesia U-19 era Shin Tae-yong. Pertama, Shin Tae-yong tidak mengandalkan formasi 4-3-3, melainkan 4-4-2.

BACA JUGA: Media Inggris Sebut Elkan Baggott Akan Jadi Andalan Ipswich Town untuk Promosi

Ditambah lagi, Fajar Fathur mesti menghadapi lawan sulit untuk merebut satu posisi di area sayap kanan dalam pola 4-4-2. Ketika tampil di Timnas Indonesia U-19 era Fakhri Husaini, Fajar Fathur hampir tak memiliki pesaing untuk mengisi posisi winger kanan.

Namun, kondisinya berbeda saat ini. Kini terdapat Witan Sulaeman, winger kanan era Indra Sjafri yang per awal 2020 dipanggil Shin Tae-yong. Witan disertakan karena secara usia masih memungkinkan tampil bersama skuad Timnas Indonesia U-19. Bahkan akibat kehadiran Witan Sulaeman, Fajar Fathur tidak disertakan pelatih Shin Tae-yong untuk berlatih di Kroasia.

Witan Sulaeman

(Witan winger kanan andalan Timnas Indonesia U-19)

Dalam pola 4-4-2 racikan Shin Tae-yong, posisi winger kanan selalu ditempati Witan. Kemudian, sektor kiri diisi winger Persebaya Surabaya yang juga andalan era Fakhri Husaini, Supriadi.

Karena itu, jika nantinya Bagus Kahfi dipanggil Shin Tae-yong dan dijadikan juru gedor utama, penyerang 18 tahun itu kemungkinan akan berkolaborasi dengan orang baru di sisi kanan, yakni Witan Sulaeman.

Witan pun sudah menunjukkan kepantasannya tampil di Timnas Indonesia U-19. Pemain milik Radnik Surdulica ini keluar sebagai top skor Timnas Indonesia U-19 selama pemusatan latihan di Kroasia, tepatnya dengan koleksi tiga gol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini