Kata Mancini soal Skuad Muda Timnas Italia

Yova Adhiansyah, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 51 2312407 kata-mancini-soal-skuad-muda-timnas-italia-OUaXtnSjOS.jpg Roberto Mancini. (Foto: Twitter/@robymancio)

SARAJEWO – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Italia, Roberto Mancini, membicarakan soal skuad muda di timnya. Ia mengatakan bahwa kehadiran sederet pemain muda di timnya telah menjadi hal yang positif karena ada kontribusi besar yang bisa diberikan.

Kehadiran pemain muda di skuad Timnas Italia memang telah membuat publik Negeri Piza -julukan Italia- bangga. Buktinya, Gianluigi Donnarumma dkk mampu mengantar Gli Azzurri -julukan Timnas Italia- lolos ke semifinal UEFA Nations League 2020-2021.

Para pemain Timnas Italia

Kepastian itu didapat usai mengalahkan Bosnia-Herzegovina di Stadion Grbavica, Kamis (19/11/2020) dini hari WIB. Laga itu dimenangkan oleh armada Mancini dengan skor 2-0.

Mancini sebenarnya telah melewatkan tiga pertandingan bersama Italia setelah dinyatakan positif Covid-19 dan saat ini masih melakukan isolasi mandiri. Alberigo Evani pun menggantikan perannya dan berhasil memainkan perannya dengan meraih tiga kemenangan tanpa kebobolan.

BACA JUGA: Tinggalkan Generasi Lama, Timnas Italia Kini Bangkit Kembali

Terbaru, Evani membawa Italia menang 2-0 atas Bosnia. Dua gol itu masing-masing dicetak Andrea Belotti dan Domenico Berradi. Berkat kontribusi pemainnya, Italia pun memesan semifinal UEFA Nations League yang rencananya bakal berlangsung Oktober 2021.

Tetapi, sebelum tampil di semifinal UEFA Nations League, Italia terlebih dahulu ambil bagian dalam Piala Eropa 2020, yang dijadwalkan ulang pada Juni 2021. Memilih 23 pemain untuk kompetiti besar akan menjadi masalah besar buat Mancini mengingat skuad mudanya juga berhasil unjuk gigi.

"Itu sudah akan sulit, tetapi dalam empat bulan terakhir para pemain datang dan terbukti sangat baik. Selalu lebih baik memiliki masalah ini," kata Mancini, sebagaimana dikutip dari RAI Sport, Kamis (19/11/2020).

Alessandro Bastoni adalah salah satu pemain muda yang mendapatkan keuntungan dari adanya pandemi virus corona dan masalah cedera. Bek Inter Milan ini telah masuk ke skuad Timnas Italia untuk memberikan perlindungan di lini pertahanan.

Pemain berusia 21 tahun itu tampil mengesankan pada debutnya melawan Estonia dan memertahankan posisinya di tim setelah menang atas Polandia dan Bosnia-Herzegovina. Dia memiliki lebih banyak sentuhan daripada pemain lain saat melawan Bosnia (113), sementara tidak ada pemain yang mencoba (106) atau menyelesaikan lebih banyak umpan (99) daripada pemain muda itu.

Mancini sangat terkesan dengan penampilan Bastoni selama seminggu terakhir dan telah memberi warna tersendiri pada lini pertahanan tengah untuk meniru pemain hebat Italia, yakni Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini.

"Bastoni adalah seorang anak muda yang telah memainkan tiga pertandingan dalam 10 hari, bermain lebih baik dan lebih baik lagi setiap saat. Dia sangat muda dan bisa berkembang pesat dan menjadi Bonucci baru atau Chiellini baru - bek hebat. Ada banyak pemain bagus, Anda hanya harus membiarkan mereka bermain," beber Mancini.

"Kami memiliki pemain muda yang sangat bagus. Jelas bahwa pada awalnya mereka mungkin mengalami kesulitan. Kami memiliki banyak pemain muda, mereka bisa melakukannya dengan baik," lanjutnya.

Italia sekarang tidak terkalahkan dalam 22 pertandingan, rekor terbaik mereka sejak tahun mereka memenangkan Piala Dunia 2006. Italia pun bakal diunggulkan untuk kualifikasi Piala Dunia 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini