Tinggalkan Generasi Lama, Timnas Italia Kini Bangkit Kembali

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 51 2312098 tinggalkan-generasi-lama-timnas-italia-kini-bangkit-kembali-q6pzZz5cIl.jpg Timnas Italia selebrasi (Foto: Reuters)

ROMA – Timnas Italia tampil sebagai juara Grup A1 dalam gelaran UEFA Nations League 2020-2021. Luar biasanya, Gli Azzurri berhasil melaju ke babak semifinal tanpa sekalipun mendera kekalahan dan hanya dua kali kebobolan dalam enam pertandingan yang mereka mainkan di fase grup.

Melihat torehan mentereng ini, Timnas Italia seolah telah menemukan masa keemasannya lagi. Sebagaimana diketahui pada era 90-an hingga awal 2000-an Timnas Italia merupakan kekuatan yang sangat disegani di Eropa.

Pada masa-masa itu, Italia pasalnya selalu memiliki pemain-pemain berkelas seperti Roberto Baggio, Paolo Maldini, Alessandro Del Piero, hingga Francsco Totti. Kendati demikian, setelah Gli Azzurri menjuarai Piala Dunia 2006, masa keemasan Timnas Italia seolah telah berakhir.

Baca juga: Lolos Semifinal UEFA Nations League, Italia Tak Sabar Jajal Kekuatan Eropa

Timnas Italia juara Piala Dunia 2006

Italia pasalnya selalu kesulitan untuk bisa bersaing di turnamen besar. Meski di Piala Eropa 2012 Italia berhasil melaju hingga partai final, namun setelahnya prestasi Gli Azzurri kembali terpuruk. Puncaknya, Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Setelah hal memalukan tersebut, Italia langsung melakukan pembenahan. Roberto Mancini ditunjuk sebagai pelatih untuk menggantikan Gian Piero Ventura. Di bawah komando Mancini inilah Italia kembali menapaki masa-masa indahnya lagi.

Sejauh ini Timnas Italia asuhan Mancini telah melakoni 22 pertandingan. Luar biasanya, mereka tak pernah sekalipun menelan kekalahan. Mancini juga tak ragu memberikan kesempatan kepada para pemain muda Italia untuk unjuk gigi.

Di pertandingan melawan Bosnia-Herzegovina semalam misalnya, nama-nama seperti Manuel Locatelli, Alessandro Bastoni, dan Gianluigi Donnarumma dipercaya untuk mengisi starting XI. Diakui oleh Mancini bahwa ia tak ragu untuk memainkan para pemain muda tersebut karena sudah percaya dengan kualitas yang mereka miliki.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua pemain yang berkontribusi untuk mencapai titik ini selama dua tahun terakhir, mereka yang bermain malam ini dan mereka yang ada di rumah,” ujar Mancini, dikutip dari Football Italia, Kamis (19/11/2020).

Roberto Mancini

“Saya pikir kami memiliki beberapa pemain muda yang sangat berbakat di Italia. Kami hanya harus memberi mereka kesempatan untuk bermain,” lanjutnya.

“Mungkin ada kesulitan di awal, tetapi jika mereka memiliki bakat, itu akan muncul dalam enam atau tujuh bulan. Tim-tim junior Italia sangat penting bagi kami dan telah membantu mempersiapkan para pemain untuk melangkah maju," jelas Mancini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini