Bagus Kahfi, Penyerang Komplet yang Akrab dengan Gawang Tim Asia dan Eropa

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 51 2312327 bagus-kahfi-penyerang-komplet-yang-akrab-dengan-gawang-tim-asia-dan-eropa-sikBWVVTAk.jpg Bagus Kahfi siap jadi andalan Timnas Indonesia U-19. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Ketika Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 dua bulan menjalani pemusatan latihan di Kroasia, ada yang kurang di lini depan skuad Garuda Nusantara. Dari lima nama penyerang yang dibawa ke Kroasia, tidak ada yang benar-benar menonjol.

Terbukti, Jack Brown yang keluar sebagai top skor hanya mengoleksi tiga gol. Sementara itu, Irfan Jauhari, Saddam Gaffar dan Braif Fatari hanya mendulang dua bola. Bahfril Fahreza lebih parah, yang mana gagal mencetak satu gol pun.

Jack Butland

(Jack Brown (10) hanya mencetak tiga gol selama di Kroasia)

Karena itu, banyak netizen bertanya-tanya, kenapa pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong tak kunjung memanggil Amiruddin Bagus Kahfi, penyerang andalan skuad Garuda Nusantara era Fakhri Husaini? Dalam sejumlah kesempatan, mantan asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto, mengatakan Bagus Kahfi belum dipanggil karena masih berada di Utrecht, Belanda.

Sekadar informasi, Bagus Kahfi sempat terbang ke Utrecht, Belanda, untuk menjalani penyembuhan cedera engkel. Namun, sejak Minggu 15 November 2020, Bagus Kahfi terlihat berada di Jakarta. Pertanda penyerang berambut kribo ini kembali masuk Timnas Indonesia U-19?

BACA JUGA: Alasan Bagus Kahfi Klop dengan Strategi Timnas Indonesia U-19 Racikan Shin Tae-yong

Jika benar kembali dipanggil, Bagus Kahfi merupakan tenaga tambahan yang luar biasa bagi Timnas Indonesia U-19. Sebab, urusan mencetak gol jangan ragukan ketajaman Bagus Kahfi.

Penyerang milik Barito Putera ini pernah merebut status top skor Piala AFF U-16 2018 dan U-18 2019. Selain itu, Bagus Kahfi juga akrab dengan gawang tim-tim Eropa dan negara kuat Asia.

Ketika membela tim Garuda Select Season II, Bagus Kahfi keluar sebagai top skor dengan koleksi 16 gol! Padahal, Bagus Kahfi sempat melewatkan delapan laga awal karena terlambat bergabung.

Saat itu, ia masing-masing mencetak satu gol saat Garuda Select kalah 2-3 dari Swindon Town U-18, menang 3-0 atas Torino U-18, kalah 1-2 dari Juventus U-18 dan tumbang 2-3 dari Inter Milan.

Bagus Kahfi

Kemudian, Bagus Kahfi sempat mencetak empat gol saat Garuda Select kalah 5-8 dari QPR U-18. Selanjutnya, Bagus Kahfi mencetak satu gol saat Garuda Select kalah 2-3 dari Sheffield United U-18 dan mengemas dua bola saat menang 3-0 atas Huddersfield Town U-18.

BACA JUGA: Dahsyat! Lini Depan Timnas Indonesia U-19 Bisa Dihuni Pemain-Pemain yang Mentas di Eropa

Selanjutnya, Bagus Kahfi memborong semua gol Garuda Select saat menang 3-1 atas Preston North End U-18. Terakhir, Bagus Kahfi mencetak dua gol sebelum mengalami cedera di laga versus Reading U-18.

Bagaimana saat menghadapi tim-tim kuat Asia? Ketika memperkuat Timnas Indonesia U-19 era Fakhri Husaini, Bagus Kahfi sempat membobol gawang tim-tim kuat Asia seperti Iran, China hingga Korea Utara. Bagus Kahfi mencetak satu gol saat Timnas Indonesia U-19 kalah 2-4 dari Iran di laga uji coba.

Bagus Kahfi

Kemudian ia masing-masing mencetak satu gol saat Timnas Indonesia U-19 menang dan kalah 3-1 dari China di laga uji coba (saat itu Indonesia dua kali bertemu China). Sementara itu, satu gol lagi dibuat saat Timnas Indonesia U-19 bermain 1-1 kontra Korea Utara di Kualifikasi Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020.

Berkat gol dari Bagus Kahfi, Timnas Indonesia U-19 lolos otomatis ke Piala Asia U-19 2020. Jika tidak ada gol dari Bagus Kahfi, Indonesia kalah dari Korea Utara dan harus menunggu hasil grup lain untuk memastikan tempat di putaran final Piala Asia U-19 2020.

Karena itu, tenaga Bagus Kahfi diprediksi akan mendongkrak performa Timnas Indonesia U-19. Menarik menanti kapan tanggal pasti Shin Tae-yong memanggl Bagus Kahfi ke Timnas Indonesia U-19.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini